Safari Politik Anies di Riau-Aceh Terganjal, PKS Sesalkan Pemda Cabut Izin

Anies Baswedan saat menyapa para pendukungnya di Ciamis, Jawa Barat
Sumber :
  • FB Anies Baswedan

VIVA Politik - Agenda kegiatan safari politik Anies Baswedan terhambat di sejumlah daerah seperti Riau dan Aceh. Elite partai politik atau parpol pendukung Anies pun menyampaikan kritik.

Wacana Duet Anies-Kaesang di Pilgub DKI, Gibran: Bagus, Itu Bagus

Juru Bicara DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Kholid menyesalkan kebijakan Pemda Riau dan Aceh. Padahal, tak ada yang dilanggar Anies maupun simpatisan pendukung.

"Kami sangat menyayangkan dengan kebijakan pencabutan izin tersebut. Adalah hak politik warga dan relawan untuk memberikan dukungan kepada Pak Anies," kata Kholid kepada VIVA, Kamis malam, 1 Desember 2022.

Utut Adianto Ingin Kader PDIP Jadi Wagub Dampingi Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Baca Juga: Safari Politik Anies di Aceh Terhambat, Nasdem: Izin Dicabut Pemda

Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi saat acara internal PKS (Foto ilustrasi).

Photo :
  • Dok. PKS

Respons Anies Dibilang Turun Level dari Capres ke Cagub Jakarta

Menurut dia, agenda kegiatan Anies di Riau dan Aceh merupakan ekspresi era demokrasi yang dijamin dan dilindungi UU. Pun, ia menilai proses perizinan juga dilakukan secara formal.

"Apalagi jka proses perizinan dilakukan secara formal, kegiatan jelas, penyelenggara jelas dan bersifat edukasi politik,” lanjut Kholid. 

Pun, Kholid khawatir Anies seperti mengalami diskriminasi dengan kejadian pencabutan izin kegiatan safari politiknya, “Saya khawatirnya demikian," ujar Kholid.

Kegiatan safari politik Anies di Aceh yang terhambat lantaran pemda setempat mencabut izin pakai area disorot elite Nasdem. Ketua DPP Nasdem Willy Aditya menyesalkan adanya pencabutan izin tersebut dari Pemda Aceh. 

Ilustrasi Anies Baswedan saat di Medan, Sumatera Utara.

Photo :
  • Twitter @aniesbaswedan

Anies rencananya akan melanjutkan safari politik di Aceh, 3 Desember 2022. Anies akan menggelar acara di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

"Tentu ini menjadi catatan kita bersama, bagaimana kita berharap. Kan demokrasi ini kan suatu proses yang terbuka saja. Tidak perlu juga hal-hal seperti itu terjadi," kata Willy, Kamis, 1 Desember 2022. 

Willy mengatakan, Pemda Aceh sudah mengeluarkan izin. Namun, ia heran, tidak lama kemudian, izin penggunaan lokasi dicabut. "Sebelumnya sudah keluar izin, tapi habis itu dicabut sama pihak pemda," tutur Willy.

Selain di Aceh, agenda safari politik Anies di Riau juga terhambat. Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali menyebut tempat penyelenggaraan kegiatan Anies dicabut dengan alasan pemda setempat akan menggelar di kegiatan di hari yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya