Jenderal Dudung Temani Yudo Margono Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

KSAL Laksamana Yudo Margono saat tiba di gedung DPR, Senayan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

VIVA Politik - Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tiba di Gedung DPR RI, komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu tiba sekitar pukul 13.10 WIB.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Pantauan awak media, Yudo datang ditemani oleh KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebagai informasi, pada pukul 10.00 WIB, telah dijalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Yudo sebagai calon Panglima TNI. Tahap awal tadi dengan melakukan verifikasi data Yudo bersama pimpinan Komisi I dan perwakilan dari masing-masing fraksi.

Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan

Calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Setelah jeda, fit and proper test akan dimulai kembali pada pukul 13.30 WIB. Yudo akan diberikan kesempatan pemaparan visi dan misi secara terbuka selama 30 menitt.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Selanjutnya, pendalaman dari masing-masing fraksi tujuh menit dari tiap-tiap fraksi. Nantinya, orang nomor satu di matra angkatan laut itu diberikan kesempatan 20 menit menjawab pertanyaan-pertanyaan dan pendalaman. Setelah itu, tahap pertama selesai.

Pun, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, mekanisme dari pelaksanaan fit and proper test akan digelar secara terbuka. Namun, bila nanti dalam pemaparan isinya berupa strategi dan sifatnya rahasia akan tertutup.

"Kecuali, jika nanti dalam paparan ada yang dianggap bersifat strategi dan rahasia maka bagian tersebut dilakukan tertutup," ujarnya.

Laksamana Yudo Margono dipilih Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI. Yudo diproyeksikan menggantikan Andika Perkasa yang akan pensiun di akhir tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya