Demokrat Tolak Wacana Penghapusan KA Parahyangan Demi Kereta Cepat Jakarta Bandung

Herman Khaeron, Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat
Sumber :

VIVA Politik – Politisi Partai Demokrat, Herman Khaeron, tidak sepakat dengan wacana pemerintah menyuntik mati Kereta Api (KA) Argo Parahyangan, saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) beroperasi tahun depan.

Politikus PDIP: Jokowi Lebih Dengar Projo-Bara JP Ketimbang Lemhannas

Rencana ini muncul, guna mendukung keterisian atau okupansi penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang direncanakan akan beroperasi pada Juni 2023.

“Saya mempertahankan KA Argo Parahyangan tetap beroperasi,” kata Herman Khaeron, yang juga anggota Komisi VI DPR, kepada wartawan, Senin, 5 Desember 2022.

KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus DJKA

Kereta Api Parahyangan.

Photo :
  • rizqialextoramadhan.wordpress.com

Legislator asal Jawa Barat ini mengingatkan, bahwa semua aset negara harus dapat dikelola dengan baik. Termasuk KA Argo Parahyangan.

PKB Bicara Peluang Koalisi dengan Nasdem Usung Ilham Habibie di Pilgub Jabar 2024

“Semua harus dikelola dengan baik, tidak boleh bangun yang satu yang lainya dimatikan demi keuntungan sepihak,” katanya.

Menurut Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat ini, nilai-nilai sejarah dalam pembangunan KA Argo Parahyangan juga harus dirawat dan dijaga.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara

Herman menilai, bahwa penghapusan atau suntik mati KA Argo Parahyangan tidak perlu terjadi lantaran beda segmentasi.

“Semestinya ini tidak perlu terjadi karena segmentasinya berbeda,” ujarnya.

Sebelumnya, mencuat wacana KA Argo Parahyangan rute Jakarta-Bandung akan dihentikan penuh operasionalnya saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) beroperasi pada tahun depan.

Kabar itu mulanya disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya