Wakil Ketua MPR Ingatkan Para Kepala Desa Akan Sering Didatangi Politikus Jelang Pemilu

Yandri Susanto
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Politik – Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto meminta para kepala desa (kades) untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya pada tahun politik menjelang pemilu serentak 2024.

PKB Bantah Pertemuan Prabowo dan Cak Imin Bahas Kursi Menteri

"Kepala desa harus menjadi katalisator agar di tahun politik di desa tidak terjadi keributan, fitnah, dan saling menjatuhkan; sehingga kades harus bisa menjaga ketentraman," kata Yandri dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, 4 Desember 2022.

Yandri mengatakan hal itu dalam pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Serang, Banten.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Warga memasukkan surat suara saat Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Dia mengingatkan Indonesia memasuki tahun politik pada 2023 sehingga diperkirakan tensi politik akan meningkat. Menurut dia, untuk mengantisipasi naiknya tensi politik, kepala desa harus bisa menjaga keadaan kondusif karena bisa rentan muncul persoalan.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

"Di tahun politik, kades akan didatangi para politisi maupun calon politisi. Kondisi itu rentan dengan berbagai masalah. Untuk itu, diharapkan para kepala desa mampu menjaga mandat dirinya sebagai pimpinan di desa," jelasnya.

Selain itu, Yandri juga menilai kades sebagai "ujung tombak" pemerintahan juga harus mampu mengawal jalannya pembangunan agar bisa mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan.

Oleh karena itu, dia meminta para kades memberikan data pembangunan yang benar, seperti data kemiskinan harus sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan pemerintah. Jika data yang disampaikan benar, kebijakan atau program yang dibuat oleh pemerintah tidak salah.

Ilustrasi pemilu.

Photo :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

Data kemiskinan

Dia mengatakan perlu ada kejujuran dari para kepala desa karena semua data yang dibutuhkan di Indonesia, berada di desa-desa. Dia berharap para kepala desa benar-benar paham tentang pendataan kemiskinan, indeks pembangunan manusia, perekonomian, dan lain-lain.

"Saya berharap kepala desa di Serang tidak hanya menjaga pembangunan yang sudah ada namun ikut bersama dengan bupati untuk melakukan pembangunan," kata Yandri.

Pembangunan di Kabupaten Serang, katanya, sudah berjalan pada jalur yang benar karena wilayah tersebut terlihat makin perkembangan. Provinsi Banten, misalnya, akan memiliki asrama haji, sehingga calon jemaah haji asal provinsi tersebut tidak perlu ke Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta.

"Pembangunan tower pertama sudah hampir selesai dan tahun depan akan dilanjutkan dengan pembangunan tower berikutnya. Kamar-kamar yang ada setara dengan kamar di hotel berbintang," ujarnya.

Dia berharap pembangunan asrama haji di Kota Tangerang itu bisa disinergikan dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kota Tangerang. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya