Wajar Hasil Survei Indikator Politik Tempatkan Erick Thohir jadi Cawapres

Menteri BUMN Erick Thohir Sidabutar.
Menteri BUMN Erick Thohir Sidabutar.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Politik – Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan, Menteri BUMN Erick Thohir berada di 4 teratas cawapres pilihan masyarakat. Dari hasil survei IPI, Erick Thohir disebut mendapatkan elektabilitas 9,6 % sebagai calon orang nomor 2 di Indonesia.

Disebutkan IPI, bahwa ada 4 kelompok yang menjadi basis dukungan Erick sebagai cawapres. Yakni kelompok warga perkotaan, generasi muda, warga muslim dan non muslim.

Menanggapi hasil survei tersebut, Mohammad Sopiyan, Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), pun memberikan apresiasi. Menurutnya hasil survei ini menunjukkan modal awal Erick Thohir, untuk dapat mengikuti kontes pesta demokrasi 2024.

"Ini bukti nyata bahwa Pak Erick itu sangat nasionalis. Hasil survei lembaga survei terpercaya menemukan Erick dipilih oleh warga muslim dan nonmuslim. Ini modal utama untuk menjadi pemimpin Indonesia yang penduduknya beragam," kata Sopiyan dalam keterangannya, Selasa, 6 Desember 2022.

Nasionalisme Erick, lanjut Sopiyan, memiliki jejak rekam yang positif. Dalam hal menangani pandemi COVID-19 kemarin, misalnya. Erick Thohir melalui Kementerian BUMN yang dipimpinnya, diklaim Sopiyan, berhasil melakukan pelayanan maksimal terhadap rakyat tanpa memandang latar belakang suku, agama, ras.

"BUMN sebagai institusi negara hadir secara maksimal dalam upaya penanganan COVID, dan pelayanan itu dilakukan dengan baik tanpa pilih kasih, tanpa melihat agamanya apa, sukunya apa. Jadi wajar jika hasil survei menemukan dukungan terbanyak Erick dari warga muslim dan nonmuslim," jelasnya.

Selain itu, dalam upaya pemulihan ekonomi, lanjut Sopiyan, Erick Thohir melalui kementerian BUMN memiliki kontribusi yang signifikan. Program KUR Mekaar dan Makmur, terang dia, adalah program kongkrit yang menyentuh langsung kehidupan rakyat. Sehingga masyarakat mampu menghadapi pandemi. 

Halaman Selanjutnya
img_title