Polsek Astana Anyar Diguncang Bom Bunuh Diri, Politikus Demokrat Sebut BNPT Kecolongan

Polisi melakukan penjagaan di sekitar Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Polsek Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat diserang pria tidak dikenal yang berujung dengan ledakan bom bunuh diri, Rabu pagi ini 7 Desember 2022. Pelaku sempat meninggalkan tulisan yang mengecam KUHP baru.

4 Tentara Israel Terluka Akibat Bom Hizbullah di Lebanon

Merespons peristiwa itu, Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Santoso  mempertanyakan kinerja Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Seharusnya, kata Santoso, BNPT dapat mewaspadai peristiwa-peristiwa seperti ini menjelang Natal dan Tahun Baru. 

"Peristiwa bom bunuh diri ini BNPT kecolongan. Potensi bom bunuh diri harus di waspadai menjelang Nataru," kata Santoso kepada wartawan, Rabu, 7 Desember 2022.  

Dorong TNI Tindak Tegas OPM, Bamsoet: Negara Tidak akan Kalah dengan Kelompok Separatis

Anggota komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Santoso

Photo :
  • Istimewa

Santoso menegaskan aparat penegak hukum termasuk BIN memiliki tugas untuk mengantisipasi agar peristiwa bom bunuh diri ini tidak terjadi lagi. Dia pun mendorong agar program deradikalisasi digalakkan kembali. 

Dukung TNI Pakai Istilah OPM, Bamsoet: Urusan HAM Bicarakan Kemudian, Saya Siap Pasang Badan

"Program deradikalisasi yang dilakukan oleh BNPT jangan hanya beroreantasi pada penyerapan anggaran tapi benar-benar membentuk sikap toleran antar anak bangsa atas adanya perbedaan dan pandangan politik," imbuhnya.

Sebelumnya, ledakan bom bunuh diri terjadi di Kantor Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu pagi. Warga di sekitar kawasan itu yang mendengar ledakan tersebut langsung berhamburan ke luar bangunan. 

Kapolrestabes Bandung, Jawa Barat, Kombes Pol. Aswin Sipayung mengatakan pelaku bom bunuh diri di kantor Polsek Astanaanyar langsung tewas di lokasi pascaledakan.

Aswin mengatakan peristiwa bom bunuh diri itu terjadi sekitar pukul 08.20 WIB ketika para anggota Polsek Astanaanyar sedang melakukan apel pagi. Aswin menambahkan pelaku bom bunuh diri itu berjenis kelamin laki-laki.

"Lelaki tersebut menerobos barisan apel pagi yang sedang dilaksanakan sembari mengacungkan senjata. Seketika, anggota menghindar, tak lama kemudian ada ledakan," kata Aswin di lokasi pascaledakan, Kota Bandung, Rabu.

Hingga saat ini, polisi masih menutup akses ruas Jalan Astana Anyar, sehingga kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak dapat melintasi jalan tersebut. Polsek Astana Anyar pun dikosongkan sementara guna mengamankan lokasi kejadian. 

Sejumlah personel Brimob sedang melakukan olah tempat kejadian perkara pasca ledakan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya