Survei LSJ: 34,2 Persen Pendukung Jokowi Pindah ke Prabowo, 14,8 Persen pada Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat Rapimnas Gerindra 2022
Sumber :
  • Gerindra

VIVA Politik – Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis survei terbarunya bahwa 34,2 persen pendukung Joko Widodo (Jokowi) pada pemilu tahun 2019 akan pindah ke Prabowo Subianto pada pemilu tahun 2024.

Isu Jokowi Digadang Jadi Ketum, Elite Golkar: Minimal Jadi Kader 5 Tahun

“Hasilnya, sebanyak 34,2 persen pendukung Jokowi mengaku akan memilih Prabowo Subianto,” kata Peneliti LSJ Iqbal Mawardi dalam paparan survei secara daring di Jakarta, Rabu, 7 Desember 2022.

Selanjutnya, sebanyak 32,4 persen mengarahkan pilihannya pada Ganjar Pranowo dan 14,8 persen menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan. Sisanya, 18,6 persen, memilih tokoh-tokoh lain dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan (undecided).

KPU Targetkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Rampung Hari Ini

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Survei itu kata dia dilakukan dengan analisis secara cross-tabulation untuk mengetahui ke mana pendukung Jokowi pada pilpres 2019 akan mengarahkan pilihannya pada pilpres 2024.

KPU Siap Lanjutkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 untuk Maluku dan Jabar

"Hingga kini pendukung Jokowi masih cenderung bersifat cair, namun sebagian besar dari mereka cenderung memindahkan dukungannya pada Prabowo jika Ketua Umum Partai Gerindra maju pada pilpres 2024 nanti," katanya.

Hasil survei tersebut, katanya, mengindikasikan bahwa sinyal-sinyal dukungan dari Presiden Jokowi kepada Prabowo dalam berbagai kesempatan cukup efektif memengaruhi para pendukungnya dalam menentukan pilihan menjelang pemilu.

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Sedangkan bagi para pendukung Jokowi yang bermigrasi ke Prabowo memandang Ganjar sebagai sosok potensial untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo,” kata dia.

Secara elektabilitas, Prabowo masih tertinggi sebesar 32,3 persen. Sementara Anies di peringkat kedua dengan elektabilitas 20,5 persen dan Ganjar di peringkat ketiga dengan elektabilitas 19,7 persen.

Sejak survei LSJ bulan Januari 2022, menurut Mawardi, Prabowo selalu berada pada posisi teratas dan elektabilitasnya terus meningkat, katanya.

Survei LSJ dilakukan pada 15-26 November 2022 dan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak bertahap atau multistage random sampling. Tingkat kesalahan atau margin of error yang diterapkan sebesar ±2,81 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya