Dinilai Cawapres Potensial, Pengamat Ungkap Keunggulan Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Politik – Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai pemimpin potensial untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini adalah pengalaman memimpin Kementerian BUMN.

Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024, MK: Tak Ada Permasalahan dalam Pencalonan Gibran

"Jadi pengalaman-pengalaman dalam memimpin BUMN, Pak Erick Thohir memang unggul di situ," terang Pengamat Politik Usep S. Achyar.

MK: Dalil Pemohon Ada Intervensi Presiden Terkait Pencalonan Gibran Tak Beralasan Hukum

Pengalaman Erick Thohir dalam memimpin Kementerian BUMN tidak bisa dipandang sebelah mata. Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini berhasil mengatasi berbagai persoalan yang ada di lembaga tersebut.

Seperti halnya kasus korupsi. Erick Thohir berhasil menyelesaikan kasus korupsi yang sudah lama mengakar di perusahaan BUMN yakni Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia. 

Anies Baswedan Yakin Hakim MK Berani Ambil Keputusan Terbaik untuk Indonesia

Menteri BUMN RI, Erick Thohir memberikan sambutan dalam acara Peresmian Inisiasi Program Solusi Nelayan di SPBUN 48.532.04 KUD Minu Suroyo PPS Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu, (17/9/22).

Photo :

Eks Presiden Inter Milan ini juga berhasil secara konsisten meningkatkan laba dari Kementerian BUMN. Di tahun 2020, ia mencatatkan laba sebesar Rp 13 triliun kemudian angka tersebut meningkat di tahun 2021 menjadi Rp 124,7 triliun.

Terbaru, berdasarkan data triwulan III 2022, Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir mencatatkan laba sebesar Rp 155 triliun. Angka tersebut meningkat sebesar 24 persen daru tahun sebelumnya.

Tak hanya itu, di bidang penanggulangan pandemi Covid-19, Erick Thohir berhasil menyukseskan program vaksinasi nasional. Ia berhasil mendatangkan jutaan vaksin dari berbagai negara untuk masyarakat Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dokumentasi Kementerian BUMN.

Kini, Erick Thohir bersama Bio Farma berhasil memproduksi vaksin Covid-19 sendiri yang diberi nama IndoVac. Maka dari itu, Erick Thohir dinilai sangat berpotensi untuk diusung pada pilpres 2024 mendatang.

Atas keberhasilan di Kementerian BUMN ini juga, Achyar melihat Presiden Jokowi tengah menyiapkan Erick Thohir sebagai penerus di pemerintahan.

"Erick Thohir bisa meneruskan legacy Presiden Jokowi 2024," pungkas Achyar yang juga Direktur Riset Populi Center.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya