KPU Bantah Amien Rais Soal Singkirkan Partai Ummat

Idham Holik, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU RI
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari

VIVA Politik – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI angkat bicara, menjawab pernyataan Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais, terkait partainya sebagai salah satu peserta Pemilu 2024

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Sebelumnya Amien Rais mengaku, pihaknya mendapatkan informasi bahwa KPU tidak akan meloloskan Partai Ummat dikarenakan adanya intervensi besar.

Pernyataan itu kemudian dibantah langsung Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Kholik. Dikatakan Idham, pihaknya belum sama sekali mengumumkan peserta Pemilu 2024. 

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Sebab, rapat pleno rekapitulasi nasional hasil verifikasi calon partai peserta Pemilu 2024 baru akan diselenggarakan besok, Rabu, 14 Desember 2022.

"Jadi gini, sampai saat ini, KPU RI belum melakukan rekapitulasi nasional atas hasil verifikasi faktual calon peserta Pemilu 2024," ujar Idham saat dihubungi wartawan, Selasa, 13 Desember 2022.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Menurut Idham, informasi atau isu yang beredar itu muncul lantaran KPU provinsi telah menyelesaikan rekapitulasi hasil verifikasi. Hasilnya ini juga bersifat terbuka dan bisa diketahui banyak orang.

"Terkait dengan informasi yang beredar itu dikarenakan KPU provinsi/KIP Aceh se-Indonesia telah melakukan rapat rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan dan itu bersifat publik serta terbuka. Sehingga informasinya dapat diakses," jelasnya.

Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais memberikan informasi mengejutkan mengenai Pemilu 2024. Amien Rais menduga bakal terjadi kecurangan pada tahapan verifikasi faktual partai politik atau parpol peserta Pemilu 2024 oleh KPU RI.  

Amien mengatakan demikian karena dapat informasi bahwa KPU tak akan meloloskan Partai Ummat untuk mengikuti Pemilu 2024. 

Diketahui, KPU setelah melakukan verifikasi administrasi dan faktual, akan mengumumkan partai mana saja yang ikut Pemilu 2024, pada Rabu, 14 Desember 2022.  

"Bahwa pada 14 Desember nanti, seluruh partai baru dan non-parlemen akan diloloskan oleh KPU, kecuali Partai Ummat," kata Amien dikutip VIVA dari akun @amienraisofficial, Selasa, 13 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya