Ketua Komisi I DPR Akui Kaget soal Pemberian Pangkat Letkol Tituler kepada Deddy Corbuzier

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.
Sumber :

VIVA Politik – Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyarankan Kementerian Pertahanan menjelaskan kepada masyarakat tentang pemberian pangkat militer letnan kolonel tituler kepada figur publik Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

“Pada prinsipnya, memang tidak ada masalah [pemberian pangkat militer letkol tituler], silakan saja. Namun kepada publik perlu dijelaskan agar kontroversi tidak panjang seperti sekarang,” kata Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 13 Desember 2022.

Dia mengatakan penjelasan kepada publik tersebut sangat penting agar jelas tugas orang yang menerima pangkat militer tersebut. Selain itu menurut dia, penjelasan kepada publik dimaksudkan agar transparan orang yang ada di luar TNI, mendapatkan pangkat militer.

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Deddy Corbuzier

Photo :
  • Instagram/mastercorbuzier
Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

“Kami sebenarnya juga kaget karena belum dikomunikasikan kepada Komisi I DPR sehingga ketika ditanya wartawan belum paham pemberian pangkat militer tersebut untuk apa,” ujarnya.

Meutya menilai kriteria orang dari luar TNI yang mendapatkan pangkat militer seperti Deddy Corbuzier harus diungkap ke publik, yang tujuannya sebagai perantara komunikasi kepada masyarakat.

VIVA Militer: KSAD Jenderal Dudung usai meresmikan Rutilahu di Kalideres

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Apabila langkah keterbukaan itu dijalankan, katanya, orang yang berminat mendapatkan pangkat militer, bisa mempersiapkan dirinya dengan baik. Tidak hanya selebriti namun dari profesi lain bisa diundang juga untuk menjadi anggota atau mendapatkan pangkat kemiliteran yang serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya