Partai Buruh Lolos Pemilu 2024, Massa Buruh Ramaikan Jalan Medan Merdeka Barat

Aksi Partai Buruh saat menolak RKUHP dan cabut Omnibus Law.
Sumber :
  • Twitter Partai Buruh @EXCOPARTAIBURUH

VIVA Politik - Ruas Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta ditutup karena aksi yang digelar di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha alias Patung Kuda Indosat, Gambir, Jakarta Pusat, hari ini.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Dari keterangan akun Instagram @tmcpoldametro, ruas jalan yang ditutup mengarah ke Istana Negara maupun Bundaran Hotel Indonesia atau HI. 

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau pengendara agar mencari jalan alternatif lain untuk menghindari kemacetan.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

"Polri Dit Lantas PMJ melakukan pengalihan arus di Tl. Bundaran Patung Kuda Monas dikarenakan adanya kegiatan penyampaian pendapat," demikian dikutip dari akun Instagram @tmcpoldametro, Kamis 15 Desember 2022.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

Adapun untuk arus lalu lintas dari Jalan Thamrin dan Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Medan Merdeka Barat atau Harmoni dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Thamrin. 

Terkait itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin mengatakan, sebanyak 2.117 personel gabungan diterjunkan untuk mengawal jalannya. Estimasi massa yang hadir ada sekitar 2 ribu orang. 

Saat ini, situasi dilaporkan kondusif. Komarudin mengimbau masyarakat yang menyampaikan kegiatan di muka umum agar mematuhi ketentuan Undang-Undang berlaku.

"2.117 personel kita terjunkan di beberapa titik. Itu tersebar tidak hanya di Patung Kuda, DPR juga," kata Komarudin.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan Partai Buruh jadi salah satu partai yang lolos menjadi peserta Pemilu 2024. Presiden DPP Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan partai ini kembali dihidupkan oleh 11 organisasi melanjutkan perjuangan almarhum Ketua Umum Partai Buruh sebelumnya Mukhtar Pakpahan. 

Dia menyampaikan, Partai Buruh didirikan karena kesamaan ide menolak Omnibus Law Cipta Kerja. Dia mengatakan hal itu jadi momentum bangkitnya Partai Buruh di Tanah Air. 

Pun, dia mengucapkan terima kasih kepada Organisasi Rakyat Indonesia atau ORI selaku salah satu inisiator Partai Buruh, di antaranya seperti Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), hingga Serikat Petani Indonesia (SPI). 

Sebagai bentuk rasa syukur, Partai Buruh akan lakukan pawai budaya bertajuk Victory Rally atau Pawai Kelas Pekerja yang diikuti sekitar 15 ribu massa, pada Kamis, 15 Desember 2022. Aksi itu mulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) sampai Patung Kuda. 

"Nanti kita akan menampilkan kebudayaan di 34 Provinsi, ada drum band juga," kata Andi Gani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya