Eko Kuntadhi Mundur, Kris Tjandra Jadi Plt Ketum Ganjarist

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kegiatan bersama relawan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Pegiat media sosial Eko Kuntadhi mundur dari Ketua Umum Ganjarist setelah cuitannya dianggap menghina ustazah Ponpes Lirboyo Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz membuat gaduh. Ganjarist merupakan relawan yang selama ini mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Eko mengatakan hubungan Ganjar dengan NU dan Ponpes Lirboyo terjalin dekat. Dia berharap masalah yang dihadapi saat ini tak mengganggu hubungan Ganjar dengan keluarga Ning Imaz.

Eko Kuntadhi saat bertemu Ning Imaz dan pihak Pesantren Lirboyo di Kota Kediri.

Photo :
  • Viva Jatim/ Madchan Jazuli
Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

Dengan mundurnya Eko itu, maka sesuai keputusan dewan pembina dan pendiri Ganjarist menetapkan Sekretaris Ganjarist, Kris Tjantra menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) untuk mengisi kekosongan pucuk pimpinan.

Ditunjuknya Kris Tjantra itu pun telah sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Ganjarist, yaitu ketika ketum mengundurkan diri atau bermasalah, otomatis sekjen yang ditunjuk sebagai pengganti sementara.

Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil

Kris mengatakan bahwa dirinya telah mendapatkan informasi terkait ditunjuknya jadi Plt Ketum Ganjarist. Menurutnya hal itu diputuskan hingga waktu yang akan ditentukan.

"Agar kepemimpinan di Ganjarist tetap terisi, maka sebagaimana hasil keputusan Dewan pembina dan pendiri Ganjarist, Sekjen diangkat menjadi Plt ketua umum. Keputusan itu pun akan diatur kemudian hingga waktu yang ditentukan," ujar Kris, dalam keterangan yang diterima hari ini, Senin 19 Desember 2022.

Namun ia menjelaskan, meskipun Eko Kuntadhi tidak lagi menjadi ketua umum dan tidak di struktural kepengurusan, tapi Eko tetap menjadi bagian dari Ganjarist karena merupakan salah satu pendiri.

"Meski Mas Eko tidak lagi menjadi ketua, tapi tetap akan menjadi bagian dari Ganjarist, karena Mas Eko adalah salah satu pendiri," ujarnya.

Eko Kuntadhi

Photo :
  • Youtube tvOne

Kris mengatakan, Ganjarist sedang getol-getolnya melakukan sejumlah kegiatan di masyarakat. Untuk itu, kekompakan itu harus terus dijaga betul-betul.

Ia pun berharap agar Ganjarist di seluruh Indonesia tetap semangat dalam bergerak dan tetap solid menyuarakan Ganjar Pranowo sebagai capres yang layak dipilih. Ganjarist selaku pengurus nasional bertanggung jawab agar barisan yang kompak ini tetap terjaga.

"Apalagi, lanjut Kris, saat ini para relawan Ganjarist termasuk pengurus di daerah sangat aktif menyuarakan Ganjar Pranowo sebagai sosok yang layak melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi pada Pilpres 2024 nanti," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya