Kunjungi Trenggalek, Ibas Cek Langsung Lokasi Pembuatan Genteng di Desa Kamulan

Ketua Fraski Partai Demokrat di DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas)
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, meninjau desa Kamulan Trenggalek, Jawa Timur pada hari ini, Selasa 20 Desember 2022. Dalam kesempatan tersebut, Ibas sempat meninjau UD Buana Jaya, salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang produksi dan penjualan genteng.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Dari UMKM tersebut, sebagian besar pekerjanya adalah para pemuda daerah setempat, dan eberapa berasal dari santri pondok pesantren Tengah. Ibas melihat UMKM genteng di Desa Kamulan memiliki potensi yang sangat besar. 

Ketua Fraksi Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono

Photo :
  • Dok. Istimewa
Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

Dalam sehari, produksi genteng bisa mencapai 500 – 1.000 buah atau sekitar 12.000 per bulan. Sudah lebih dari 10 tahun berproduksi, Ibas percaya bahwa UMKM genteng itu terus dikembangkan dan membantu ekonomi kerakyatan di Desa Kamulan.

Selain melihat proses produksi, ia juga berdialog langsung dengan para pemuda dan masyarakat di sana. Ibas mengapresiasi mereka, sebagai anak muda yang tetap semangat menuntut ilmu sambil bekerja.

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa

"Jangan pernah kita berhenti melanjutkan pendidikan, harus terus semangat belajar. Mari kita contoh orang tua kita supaya kelak jadi anak sholeh dan sholehah yang berbakti tidak hanya kepada orang tua, tetapi juga wilayah yang sama-sama kita cintai. Ayo bangun desa, bangun kabupaten, bangun negeri untuk masa depan yang sama-sama kita banggakan," kata Ibas dalam keterangan yang diterima hari ini Selasa 20 Desember 2022.

Ibas berpesan agar usaha pembuatan genteng ini terus dikembangkan. Dia berharap agar usaha ini semakin diperluas penjualannya, ditingkatkan lagi kualitasnya dari waktu ke waktu. 

Selesai meninjau seluruh proses pembuatan genteng, Ibas juga memberikan bantuan berupa 50 liter minyak press dan 500 paket beras. Minyak press yang diberikan Ibas benar-benar dibutuhkan sebagai salah satu bahan pembuatan genteng yang berguna untuk menghindari genteng lengket dengan genteng lain.

Politikus Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas

Photo :
  • Istimewa

Pemilik UD Buana Jaya, Hamid juga menyambut baik kedatangan Ibas. Ia merasa sangat terbantu dengan pemberian minyak press dari Ibas. 

"Matur nuwun sanget (terima kasih banyak), Mas Ibas. Minyak press memang cukup berpengaruh dalam pembuatan genteng, karena kalau tidak pakai minyak proses pencetakan tanah litanya itu jadi lebih susah. Belum lagi kalau tanahnya memang keras, jadi lebih susah lagi," jelas Hamid.

Sugeng Prayitno, salah satu santri yang bekerja di UD Buana Jaya  merasa termotivasi dengan pesan-pesan yang disampaikan Ibas. 

"Saya sudah hampir satu tahun bekerja. Dulu pas awal-awal memang terkendala karena pagi bekerja, siangnya ke pondok (pesantren), belajar kadang suka mengantuk dan tidak fokus. Tapi alhamdulillah sekarang sudah terbiasa. Benar yang disampaikan Mas Ibas, yang penting jangan menyerah, pendidikan tetap yang utama," ujar Ibas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya