Nasdem Lirik Andika Perkasa Jadi Cawapres, PD: Belum Pernah Dibahas di Koalisi

Jenderal Andika Perkasa (depan) dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (kiri)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Partai NasDem bermanuver dengan melirik eks Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk jadi bakal cawapres Anies Baswedan. Elite Nasdem seperti Wakil Ketua Umum Ahmad Ali menyanjung Andika sebagai putra terbaik bangsa.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Menanggapi itu, Partai Demokrat masih tetap mempromosikan ketua umumnya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. 

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengklaim AHY sebagai nama teratas dalam survei cawapres. Begitu pun sosok Anies yang masuk bursa capres teratas versi survei.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

Menurut dia, saat disimulasikan dalam survei, duet Anies-AHY juga punya elektabilitas tinggi.

"Apalagi ketika disimulasikan berpasangan. Pasangan Anies-AHY ini selalu jadi yang tertinggi dan hampir selalu menang melawan pasangan manapun," kata Herzaky, dalam keterangannya, Kamis, 22 Desember 2022.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali (dua dari kiri) dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Photo :
  • Istimewa

Herzaky menyinggung bila nama Andika sampai saat ini belum pernah dibahas di dalam tim kecil Koalisi Perubahan dari Demokrat, NasDem, dan PKS. 

"Belum pernah dengar nama itu dibahas di Koalisi Perubahan sebagai capres atau cawapres," imbuhnya.  

Lebih lanjut, dia mengatakan Demokrat fokus terhadap kriteria capres dan cawapres. Menurutnya, Koalisi Perubahan akan memilih calon yang punya tingkat elektabilitas tinggi secara personal maupun simulasi berpasangan. 

Herzaky juga bilang soal capres dan cawapres di koalisi juga akan dibahas dan diputuskan bersama-sama. Meski demikian, saat ini dinamikanya masih dalam proses. "Saat ini, belum ada keputusan final terkait ini. Baru diskusi awal," jelas Herzaky.

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama elite partai. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Istimewa

Nasdem Sanjung Andika

Sebelumnya, elite Nasdem yakni Waketum Ahmad Ali menyebut figur Andika mumpuni untuk mendampingi Anies. Namun, ia tak bisa mendahului keputusan Anies sebagai capres yang diusung Nasdem.

Dia bilang, keputusan soal cawapres akan diserahkan sepenuhnya kepada Anies.

"Nasdem itu tidak meng-endorse cawapres. Kami serahkan itu (potensi Andika Perkasa menjadi cawapres) kepada Pak Anies sebagai orang yang memiliki mandat," kata Ahmad Ali kepada wartawan, Rabu, 21 Desember 2022. 

Ali menambahkan figur Andika juga sempat masuk nominasi capres saat rakernas Nasdem. Bagi dia, eks Kepala Staf TNI AD (KSAD) itu salah satu kader terbaik bangsa Indonesia.

"Parameternya adalah dia dari sekian ratus ribu tentara yang pernah sampai Panglima, pangkat tertinggi di TNI, alumni Amerika. Tidak dipungkiri dia kader terbaik bangsa, bahkan Nasdem pernah menominasikan dia sebagai capres," sebut Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya