Silaturahim dengan Kiyai NU, Prabowo Subianto Perkuat Basis Dukungan di Jatim

Prabowo Subianto bersama para kiai NU dan pengasuh pesantren Jatim di Surabaya.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sempat melakukan silaturahim dan pertemuan khusus dengan para kiyai NU di Jawa Timur. Cara ini diyakini untuk memperkuat basis dukungan menjelang Pilpres 2024.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Prabowo adalah Capres 2024 yang telah ditetapkan oleh Partai Gerindra saat Rapimnas pada Agustus 2022. Kini, mereka berkoalisi dengan PKB. Tinggal menunggu kesepakatan siapa capres-cawapres yang akan diusung mengingat gabungan suara kedua partai sudah memenuhi ambang batas pengacuan capres-cawapres.

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan bahwa sebenarnya Prabowo kerap kali sowan ke kiyai. Termasuk dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan RI.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

"Silaturahim dengan para Kyai sepuh NU dan lainnya tetap terus dijaga oleh Pak Prabowo," kata Dahnil, kepada VIVA, Rabu 28 Desember 2022.

Sementara itu, analis politik, Arif Nurul Iman, menilai pertemuan dengan para kiyai NU tersebut sebagai langkah memperlebar dukungan tersebut.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

"Pertemuan Prabowo dengan para kyai NU di Jatim tentu selain sebagai ajang silaturahmi juga bisa di baca sebagai momen melakukan konsolidasi politik. Masifnya Prabowo ketemu kyai NU tentu akan memperbesar basis dukungan pada Pilpres ke depan," kata Arif, Rabu 28 Desember 2022.

Arif yang juga Direktur IndoStrategi Research and Consulting ini mengatakan, langkah Prabowo memperkuat dan memperlebar dukungan kiyai, tentu berkaca pada hasil 2019 lalu. Dimana Prabowo kalah terutama di Jawa Timur.

"Saya kira belajar dari Pilpres 2019, Prabowo kalah di Jatim, karena itu jika ini massif maka akan mempertebal dukungan di Jatim," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto menggelar pertemuan khusus dengan para ulama Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur di Kota Surabaya pada Senin, 26 Desember 2022. Di forum tersebut, Menteri Pertahanan RI itu menegaskan bahwa koalisi Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap terjaga dan solid, termasuk urusan capres-cawapres pada Pemilu 2024 nanti. 

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani usai mendampingi Prabowo menggelar pertemuan khusus dengan para kiai NU dan pengasuh pesantren besar Jatim di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Senin, 26 Desember 2022. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya