Partai Ummat Besutan Amien Rais Sesumbar Tumbangkan PAN di Pemilu 2024

Ketua Umum DPP Partai Ummat Ridho Rahmadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menyatakan, keikutsertaan partainya sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak akan menggerus suara Partai Amanat Nasional (PAN). Ridho mengatakan bahwa Partai Ummat akan berjuang lebih besar untuk mengalahkan PAN di  Pemilu 2024.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Nggak, nggak (menggerus suara PAN) kita berjuang untuk lebih besar dari itu. Insya Allah tidak terlalu melihat hal-hal yang kecil Insya Allah," kata Ridho Minggu, 1 Januari 2022.

Ridho optimis Partai Ummat pada Pemilu 2024 mendatang akan memperoleh suara terbesar di pulau Jawa. Bahkan pihaknya menargetkan untuk memperoleh di pulau besar lainnya. "Insya Allah kantong-kantong suara terbesar di Jawa. Kemudian kita akan melihat Sumatera baru nanti daerah-daerah lain," ujarnya.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Ridho mengungkapkan, partainya juga akan melakukan konsolidasi eksternal usai dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amein Rais. (tengah)

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Kita akan roadshow silaturahim kemarin sudah kita diskusikan tersebut nanti akan kita matangkan dulu suara internal. Nanti kita akan datang ke partai lain juga ormas dan kelompok masyarakat lain," kata dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU), menetapkan Partai Ummat dengan nomor urut 24 di Pemilu 2024. Hal ini disampaikan, setelah Partai Ummat dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual dan lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Penetapan disampaikan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, dalam rapat Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikasi dan Penetapan Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu Sebagai Tindak Lanjut Putusan Bawaslu terhadap Partai Ummat, di Lantai 2 Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2022.

"Menetapkan nomor urut 24 sebagai nomor urut Partai Ummat dalam pemilu tahun 2024," kata Hasyim Asyari dalam rapat pleno tersebut.

Nomor urut Partai Ummat, yang digawangi Amien Rais tersebut, langsung ditetapkan tanpa diundi. Karena KPU RI sudah menetapkan nomor urut partai lain dari nomor urut 1 sampai 23 sebagai parpol peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya