Rocky Gerung Sindir Etika Ganjar Bantu Kader PDIP Pakai Dana Baznas

Pengamat politik Rocky Gerung saat acara Bimtek anggota legislatif PKS
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jadi sorotan gegara polemik bantuan renovasi rumah kader PDI Perjuangan (PDIP) dengan dana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Meski Ganjar sudah membatalkannya, tapi polemik itu jadi perhatian.

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

Pengamat politik Rocky Gerung ikut heran dengan Ganjar dan Baznas Jawa Tengah. Bagi dia, peristiwa heboh itu jadi teguran terhadap politikus PDIP yang digadang-gadang maju jadi capres 2024.

"Ganjar mesti paham itu teguran buat dia agar bikin kebijakan semua orang. Karena data statistik itu bukan data PDIP, data umumnya rakyat. BPS nggak bisa tanya anda PDIP atau bukan? Mengapa Ganjar terjemahkan yang miskin itu PDIP, kan nggak boleh gitu," kata Rocky dikutip dari akun YouTube-nya, Senin, 2 Januari 2023.

Sebut Gugatan Kubu Anies dan Ganjar ke Prabowo-Gibran Salah Kamar, Otto Ungkap Alasannya

Baca Juga: Bantuan Baznas Rehab Rumah Kader PDIP Jadi Polemik, Ganjar: Tarik dan Alihkan

Ganjar Pranowo memberikan bantuan rehab rumah kader PDIP

Photo :
  • Istimewa

Reaksi Sinis Ganjar Pranowo saat Diledek Gibran Sedang Melawak

Dia mengingatkan agar sebagai Gubernur Jawa Tengah hanya bisa membaca data makro daerahnya tanpa menghubungkan status seseorang adalah kader PDIP.

"Jadi, sekali lagi, pengetahuan Ganjar soal public policy minim sekali kalau begitu. Tapi, ibu Megawati mungkin apa pentingnya, Anda buat apa nggak buat. Kalau saya nggak restu, ya nggak ada efeknya," tutur Rocky.

Rocky menganalisa Ganjar seperti gelisah atau kebingungan. Ia menilai saat pemberian bantuan itu dilakukan secara sadar.

"Agar Ibu Megawati tahu PDIP dibantu oleh Ganjar. Dari segi ibu Megawati tak bisa disogok dengan itu," sebut Rocky.

Namun, ia menyinggung etika Ganjar sebagai kepala daerah provinsi Jawa Tengah. "Dari public opinion, itu etikanya rendah sekali ya. Dia pemimpin di Jawa Tengah itu, bukan pemimpin PDIP. Justru kalau dia kader PDIP mestinya dia lakukan hal sebaliknya," jelas Rocky.

Rocky Gerung (VIVA.co.id)

Photo :
  • U-Report

Klarifikasi Ganjar

Ganjar Pranowo sebelumnya menyampaikan klarifikasi terkait polemik rehabilitasi rumah kader PDIP yang dibantu pakai dana Baznas. Dia menjelaskan, program tersebut sejak awal diniatkan menggunakan dana pribadi. 

Namun, ia mengaku saat di lokasi pemberian bantuan, baru tahu jika Baznas ikut hadir dan ingin membantu dengan nominal Rp20 juta. Sebelumnya Baznas sudah mengecek dan pemberian bantuan itu tak menyalahi aturan dan ketentuan.

Ganjar menerima uluran dari Baznas meski sudah memperkirakan dana itu belum cukup. 

"Saya estimasi pasti kurang karena untuk pembangunan sampai jadi butuh sekitar Rp50 juta. Nah sisanya nanti saya yang menyelesaikan," kata Ganjar di Semarang, Sabtu, 31 Desember 2022.

Namun, ia menekankan jika banyak pihak yang tak setuju dengan keterlibatan Baznas, Ganjar tak masalah bantuan tersebut ditarik. Dia menekankan, dana Baznas belum dicairkan. 

Menurut dia, program rehab rumah kader PDIP itu rencananya baru dimulai Januari 2023. Adapun prosesi pemberian bantuan di rumah Ketua Ranting PDIP Desa Kapencar Wonosobo itu baru sebatas penyerahan plakat secara simbolis.

"Ya saya yang perintahkan untuk ditarik. Uangnya memang belum diberikan juga. Dana Baznas nanti dialihkan untuk membantu warga yang lain," sebutnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya