Petinggi PKS Buka Suara soal Isu PKB Gabung ke Koalisi Perubahan Dukung Anies

Ilustrasi pertemuan Ketum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik - Mencuat isu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal bergabung dengan Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Koalisi Perubahan merupakan poros yang dinamakan elite dari Nasdem, PKS, dan Demokrat.

Golkar Bertemu PKS, Peluang Koalisi di Pilkada Sumatera Utara Terbuka?

Terkait isu itu, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman berikan tanggapan. Mantan Presiden PKS itu mengaku belum tahu kabar PKB akan gabung. Namun, jika benar PKB merapat maka pihaknya siap menyambut.

"Saya tidak tahu tentang berita tersebut. Tapi, kalau itu benar tentu kami welcome," kata Sohibul saat dikonfirmasi VIVA, Selasa, 3 Januari 2023.

Bungkam Irma Nasdem, Refly: Harusnya Semua Anggota DPR Itu Oposisi Terhadap Pemerintah!

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Jember, Jatim.

Photo :
  • Istimewa

Sohibul mengatakan sampai saat ini, tim kecil dari Nasdem, PKS, dan Demokrat belum ada omongan soal kabar PKB akan masuk.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

"Sampai saat ini kami bertiga secara formal belum mendapatkan pengajuan PKB untuk bergabung," tutur Sohibul.

Sebelumnya, elite Nasdem juga menanggapi isu PKB yang akan gabung ke koalisi. Ketua DPP Nasdem Willy Aditya mengaku senang bila partai politik besutan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin itu gabung bersama dalam penjajakan koalisi.

Dia mengatakan demikian, karena PKB diibaratkan sebagai saudara lama dan teman koalisi di dua pilpres sebelumnya.

"Tentu ini suatu hal yang menyenangkan, suatu hal yang menggembirakan ketika frekuensinya bisa ketemu dengan figur Mas Anies," kata Willy di gedung DPR, Senayan, Senin, 2 Januari 2022.

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Penjelasan PKB

Munculnya isu PKB gabung ke poros pendukung Anies diduga karena pernyataan Wakil Ketua Umum PKB Jazizul Fawaid. Namun, pernyataan Jazilul juga dibantah Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Syaiful Huda.

Huda menyebut omongan Gus Jazil sapaan Jazilul hanya pandangan pribadi dan bukan mewakili partai. Dia menekankan, PKB juga masih terikat dalam koalisi dengan Partai Gerindra menuju Pilpres 2024

"Itu kan pandangan-pandangan pribadi kader pengurus gitu, karena secara organisasi sampai hari ini Ketua Umum belum pernah memerintahkan apa pun," kata Huda.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPP PKB Daniel Johan juga tak membenarkan isu tersebut. Menurut dia, isu PKB gabung ke poros Anies baru sekadar kasak kusuk. "Setahu saya kagak dah mas. Hahaha, kasak kusuk itu," tutur DJ, sapaan akrabnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya