Megawati Umumkan Capres PDIP Setelah Ziarah ke Makam Bung Karno

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat penutupan Rakernas PDIP
Sumber :
  • YouTube PDIP

VIVA Politik – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikatakan bakal segera mengumumkan calon presiden (capres) yang diusung partainya pada 2023 ini. 

MK Tak Pertimbangkan Amicus Curiae yang Masuk Lewat dari Tanggal 16 April 2024

Sebelum mengumumkan nama tersebut, Megawati akan menyerap aspirasi dan juga berziarah ke makam Presiden RI pertama Sokarno di Blitar, Jawa Timur.

"Ibu ketua umum sudah banyak lakukan dialog dan biasanya juga dari ibu sebelum mengambil keputusan, biasanya mendengarkan, mempertimbangkan dari ribuan kali seluruh proses yang ada, terhadap calon-calon yang ada, terus dialog terus menurus, ketempat Bung Karno di Blitar, setelah itu biasanya baru diumumkan," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto dikutip Senin, 9 Januari 2023.

Pakar Hukum Tegaskan Amicus Curiae Bukan Alat Bukti, Tak Bisa Tekan Hakim

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi

Hasto memastikan, Megawati akan umumkan sosok capres dari partai berlambangkan kepala banteng moncong putih pada waktu yang tepat. Megawati belum akan memberikan bocoran tokoh yang akan diusung pada perayaan HUT PDIP ke-50 pada Selasa, 10 Januari 2023.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

"Iya nanti ibu ketua umum pada momentum yang tepat, tetapi apa yang disampaikan ibu tercermin di dalam perintah harian beliau. HUT PDIP nantinya lebih melihat ke dalam dan kemudian menggelorakan semangat juang bersama dengan rakyat," kata Hasto.

Kendati demikian, Hasto tidak memungkiri pada perayaan HUT ke-50, PDIP bakal memberikan kejutan. Namun, Hasto belum mau membuka apa kejutan tersebut.

Hasto Kristiyanto di Peletakan Batu Pertama Kantor PDIP Sabang Aceh

Photo :
  • PDI Perjuangan

"Setiap HUT memang kami merancang dengan baik ada elemen of surprise yang selalu ditampilkan, apalagi Ibu Mega juga sering menampilkan berbagai kejutan di dalam peringatan HUT partai, Rakernas, bahkan ketika umumkan pak Jokowi pada periode kedua itu pun di luar dugaan. Sehingga rekamannya hanya melalui hp, sosmed, saat itu secara tiba-tiba ibu membicarakan itu," kata Hasto.

PDIP, tambah Hasto, menyerahkan sepenuhnya keputusan sosok capres-cawapres yang bakal diusung partainya kepada Megawati.

“Karena beliau lah mempunyai kewenangan siapa yang menjadi capres dan cawapres dari PDIP," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya