Dikritik Megawati Soal Pencalonan Ganjar, Grace Natalie: PSI Minta Maaf

Grace Natalie PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie buka suara, atas sindiran yang dilayangkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sindiran yang dikatakan Megawati itu, soal kadernya yang dicalonkan oleh partai lain bakal calon presiden 2024.

Hasto Bilang Anak Ranting PDIP Minta Ketemu Jokowi Sebelum Sowan ke Megawati

Grace mengatakan, partainya meminta maaf atas hal tersebut. Dia beralasan bahwa pencalonan Ganjar Prabowo bukan bermaksud untuk mengambil kader PDIP. 

"Dalam kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati, PSI meminta maaf kepada Ibu Mega. PSI partai muda, kami masih awam dan naif. Kami kurang memahami mekanisme rekrutmen di PDIP," kata Grace dalam keterangannya Selasa, 10 Januari 2023. 

Hasto PDIP Sebut Ganjar-Mahfud Bakal Ketemu Megawati Pekan Depan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba di HUT ke-50 PDIP

Photo :
  • Istimewa

Grace mengatakan, PSI sebagai partai baru belum bisa melahirkan calon presiden. Menurutnya, pengumuman itu hanya menyampaikan aspirasi dari masyarakat dan para pendukung PSI yang menginginkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden berikutnya, yang mana itu muncul dari hasil Rembuk Rakyat PSI.

PDIP Blacklist Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara

"Dukungan terhadap Mas Ganjar bukan berarti kami mengambil kader PDIP. Justru ini merupakan pengakuan dari kami bahwa senior kami telah menghasilkan para pemimpin hebat," jelasnya. 

"Kami paham bahwa apa yang disampaikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dalam pidato di acara HUT ke-50 PDIP ditujukan ke PSI," lanjutnya. 

Grace menuturkan, PDIP di bawah kepemimpinan Megawati telah banyak melahirkan pemimpin dan negarawan yang hebat. Salah satunya,  Presiden Jokowi. 

"Kami yakin bahwa PDIP akan mendukung kader-kader terbaiknya untuk melanjutkan kepemimpinan Pak Jokowi.  Salah satu di antaranya Pak Ganjar," ujarnya. 

Namun, siapapun pilihan Megawati dan PDIP lanjutnya, merupakan pilihan yang terbaik untuk Indonesia. "Sebagai sesama partai nasionalis, dan boleh disebut sebagai adik PDIP, kami akan selalu berjuang untuk kemajuan dan keutuhan NKRI," kata dia. 

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat HUT PDIP ke-50 di Jiexpo, Kemayoran.

Photo :
  • YouTube PDIP

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri, ikut menyinggung soal konstelasi Pilpres 2024. Termasuk beberapa kadernya, yang dicalonkan oleh partai lain sebagai capres. Megawati tidak menyebut partai dan kader yang dimaksud.

Ketum PDIP itu menjelaskan, kondisi politik saat ini membuatnya berpikir. Apakah aturannya begitu, sehingga kader partainya justru dicalonkan oleh partai lain.

"Lah kok kayak gitu, gimana sih maunya. Emangnya enggak punya kader sendiri," kata Megawati, disambut tepuk tangan riuh puluhan ribu kader PDIP, dalam HUT ke-50 PDIP, di JIExpo Kemayoran Jakarta, Selasa 10 Januari 2023.

Megawati mengatakan, apa yang dilakukan itu seperti hanya mendompleng saja. Sedangkan tidak ada aturan membolehkan demikian.

"Dia mendompleng-dompleng. Iki aturannya piye toh. Aku tanya ke Hasto (Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto) apa di KPU aturannya lain," kata Megawati.

Sebab yang dirinya pahami aturan itu bahwa yang bisa mencalonkan kader partai adalah partainya sendiri. Dia menegaskan, bahwa ada perbedaan antara pengusung dan pendukung dalam pemilu, terutama pencapresan. "Beda lho antara pengusung atau pendukung," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya