Jadi Cawapres, Erick Thohir Dinilai Berpotensi Serap Dukungan dari Luar Jawa

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Andri Mardiansyah/VIVA.

VIVA Politik – Pengamat Politik sekaligus Founder Perfekto untuk Indonesia, Amir Faisal mengatakan Menteri BUMN Erick Thohir bisa menjadi jawaban atas kegamangan para capres potensial memilih cawapres. Erick Thohir salah satu sosok kandidat yang memiliki modal paling lengkap untuk bisa bertarung di Pilpres 2024.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Terekam, Erick Thohir adalah cawapres terkuat saat ini berdasarkan temuan nasional terbaru Poltracking Indonesia. Erick Thohir diketahui memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres di angka 16,2 persen. Di samping itu, sebagai cawapres yang bukan berasal dari Pulau Jawa, Erick Thohir berpotensi menyerap dukungan dari masyarakat luar. Di mana 40 persen DPT Indonesia berada di luar Pulau Jawa.

"Ini akan memberikan sumbangsih yang cukup besar untuk peluang kemenangan," ungkap Amir.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Ia kemudian menjelaskan, Erick Thohir bisa melengkapi pemimpin yang berasal dari Pulau Jawa. Seperti diketahui saat ini terdapat dua kandidat capres potensial yang berasal dari Pulau Jawa yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Keduanya merupakan kandidat capres yang selalu berada di tiga besar bursa Pilpres 2024. Dengan dipasangkannya pemimpin dari pulau Jawa, Erick Thohir bisa menghimpun dukungan dari luar pulau.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. Kementerian BUMN

Selain itu, kepemimpinan pemimpin pulau Jawa bersama Erick Thohir juga merepresentasi masyarakat Indonesia. Di mana Indonesia tidak hanya terdiri dari pulau Jawa saja, namun masih terdapat daerah lain seperti Sumatera, Kalimantan, NTB, NTT, Sulawesi hingga Papua.

"Erick Thohir mewakili pemimpin dari luar pulau Jawa. Secara kepemimpinan ideal, sangat baik untuk Indonesia ke depan," pungkas Amir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya