Puan Punya Kans Diusung PDIP, Pengamat: Ada Baiknya Ganjar Pindah

Ganjar Pranowo saat menjemput Ketum PDIP MegawatI Sukarnoputri.
Sumber :
  • Twitter @ganjarpranowo

VIVA Politik - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo digadang-gadang akan maju jadi capres 2024. Namun, eks Anggota DPR itu belum dapat tiket dari partainya, PDI Perjuangan (PDIP).

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Ganjar juga meredup saat HUT ke-50 PDIP karena Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sama sekali tak menyinggung namanya.

Terkait itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menganalisa Ganjar akan lebih bersinar jika pindah ke parpol lain seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ia memprediksi tiket capres kemungkinan akan jatuh ke tangan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Terima Parpol Lain Gabung Koalisi Prabowo, Demokrat Tak Pusingkan soal Jatah Menteri

Dia menyinggung PSI karena parpol pimpinan Giring Ganesha itu terang-terangan siap mendukung Ganjar nyapres. Bahkan, PSI sudah mendeklarasikan Ganjar  capres sejak awal Oktober 2022.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

Meski belakangan, PSI menyampaikan minta maaf kepada Megawati. Menurut Dedi, jika Ganjar mau dapat kepastian, maka mesti pindah parpol.

“Jika memang hendak mendapatkan peluang yang lebih pasti, ada baiknya ia pindah partai. Meskipun tidak menjamin juga soal keterusungannya. Tetapi dengan pindah partai Ganjar akan menonjol di partai baru, semisal PSI yang selama ini gencar dukung Ganjar,” kata Dedi, Jumat, 13 Januari 2023.

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Pun, dia menambahkan PDIP hingga kini belum beri kejelasan tokoh yang akan diusung di Pilpres 2024. Apalagi berkali-kali, Megawati kerap meyinggung ancaman penundaan Pemilu 2024 termasuk Pilpres.

“Bukan tidak mungkin kepercayaan diri Megawati untuk tidak tergesa-gesa bangun koalisi juga tentukan capres, karena ia tahu ancaman Pemilu dan Pilpres 2024 tidak ada,” tuturnya.

Sebelumnya, saat HUT ke-50 PDIP, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam pidatonnya sama sekali tak menyinggung nama Ganjar. Padahal, Megawati dispekukasikan akan beri kejutan atau surprise terkait kemungkinan nama capres PDIP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya