Dasco Tak Ambil Pusing Elit PDIP Sindir Fraksi-fraksi Tolak Proporsional Tertutup

Wakil Ketua DPR dan juga Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • DPR

VIVA Politik – Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, tak mau ambil pusing terkait dengan pernyataan Ketua Bappilu PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, yang menyebut pertemuan 8 fraksi DPR yang menolak sistem pemilu proporsional tertutup hanya sekadar hore-hore.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

“Mungkin maksud Mas Bambang Pacul hore-hore ini kan karena rame-rame, ya kan tetapi rame-rame inilah sifat mayoritas fraksi di parlemen yang mewakili mayoritas juga anggota DPR, DPRD provinsi yang sekarang duduk di parlemen," kata Dasco kepada awak media, Jumat, 13 Januari 2023.

Dasco sendiri meyakini Mahkamah Konstitusi (MK) akan mempertimbangkan suara 8 fraksi partai politik di DPR, yang menolak sistem pemilu proporsional tertutup. Sistem pemilu tersebut sedang digugat ke MK melalui uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. 

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Dasco menambahkan, apa yang disampaikan Bambang Pacul soal keputusan ada di tangan MK memang benar. Namun ada pertimbangan hakim MK yang perlu ditelaah lebih lanjut.  

Pasalnya, salah satu unsur pengambilan pertimbangan MK yakni suara mayoritas pengikut atau peserta demokrasi pileg ini menghendaki sistem yang terbuka.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

"Jadi soal penanggapan Mas Bambang tidak perlu dijadikan polemik, itu namanya bunga-bunga dalam berpendapat," kata Dasco yang juga Wakil Ketua DPR.

Untuk diketahui, 8 partai politik parlemen yakni Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PPP, PAN, Partai Demokrat, PKS menyatakan menolak sistem pemilu proporsional tertutup. Hanya PDIP yang setuju proporsional tertutup kembali digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya