5 Calon Gubernur Sumbar Bersiap Kampanye

Calon Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno & Tifatul Sembiring
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Kampanye terbuka Pemilihan Kepala Daerah di Sumatera Barat akan dimulai 13 Juni 2010 hingga 26 Juni mendatang. Hingga saat ini, baru satu calon kepala daerah yang telah melampirkan izin cuti kampanye ke Komisi Pemilihan Umum Sumbar.

“Baru Fauzi Bahar yang telah melampirkan izin cuti kampanye pada KPU (Sumbar),” ujar anggota KPU Sumbar Divisi Sosialisasi Husni Kamil Manik pada VIVAnews, Rabu, 9 Juni 2010. Sedangkan calon gubernur Sumbar lain yang tercatat sebagai kepala daerah, hingga saat ini belum melampirkan izin cuti untuk kampanye.

Lima pasang calon gubernur yang akan bersaing di pemilihan nanti yakni Marlis Rahman-Aristo Munandar (Golkar); Fauzi Bahar-Yohanes Dahlan (PAN-PPP); Endang Irzal-Asrul Syukur (Demokrat-Gerindra); Ediwarman-Husni Hadi (Koalisi 24 parpol); Irwan Prayitno-Muslim Kasim (PKS-Hanura-PBR).

Sebagian di antara sepuluh orang itu merupakan pejabat. Fauzi Bahar sendiri adalah Walikota Padang, Marlis Rahman adalah Gubernur Sumatera Barat, Aristo Munandar adalah Bupati Agam, dan Muslim Kasim adalah Bupati Padang Pariaman.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU Sumbar, masing-masing calon pasangan kepala daerah mendapat jatah 41 kali kampanye terbuka di 19 kabupaten/kota di Sumbar. Hingga saat ini, KPU telah mendistribusikan surat suara pada masing-masing KPU di kabupaten/kota.

Pemungutan suara Pemilikada serentak yang akan digelar di 13 kabupaten/kota di Sumbar akan digelar 30 Juni mendatang. Sesuai jadwal, usai kampanye terbuka, KPU Sumbar hanya memiliki waktu tiga hari tenang menjelang pemungutan suara. (hs)

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Laporan Erinaldi | Padang

Duel Pedro Acosta dan Marc Marquez

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Rookie MotoGP, Pedro Acosta menjadi salah satu pembalap yang mencolok dan berhasil mengalahkan Marc Marquez di beberapa seri awal musim ini. Marquez akui Acosta hebat.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024