Airlangga Diduetkan Dengan Sandiaga Uno: Sinergi Senior dan Muda

Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Pemilu 2024 akan benar-benar dimanfaatkan oleh para tokoh populer, untuk bisa maju. Apakah sebagai capres atau cawapres. Diantaranya adalah Sandiaga Uno, yang selalu masuk dalam survei. Setidaknya hal itu disampaikan peneliti BRIN, Wasisto Rahardjo.

Airlangga Hartarto Ajak Kader Golkar Jadikan Bulan Syawal Momen Tingkatkan Kinerja Positif

Jelas dia, Pilpres 2024 adalah momentum bagi nama-nama populer tersebut untuk meneruskan estafet kepemimpinan nasional. Apalagi diakuinya, Sandiaga adalah bagian dari nama-nama yang populer tersebut. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno datang dan menghadiri peringatan Hari Lahir ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Stadion Kridosono, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 8 Januari 2023.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi
Momen Ganjar Pranowo dan Keluarga Laksanakan Salat Idul Fitri di Sleman

Wasisto menyoroti, bagaimana komunikasi politik yang dibangun Sandiaga dengan PPP. Kabar hengkangnya juga mencuat. Sehingga membuat hubungan Sandiaga dengan partainya, Partai Gerindra, sedikit memanas.

“Saya pikir itu bisa jadi silaturahmi politik biasa atau bagian dari pendekatan politik untuk nominasi,” kata Wasisto, Selasa 17 Januari 2023.

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Jika memang nantinya PPP memutuskan untuk mengusung Sandiaga, maka bisa juga dimungkinkan untuk diduetkan dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Apalagi kedua partai juga bersama-sama dengan PAN, membentuk Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB.

“Formulasi itu berpotensi dan dimungkinkan. Namun tetap perlu melihat dinamika antar koalisi seperti apa,” katanya.

Partai Golkar hingga saat ini, tetap akan mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres. Apabila benar terjadi duet Airlangga dengan Sandiaga, menurutnya bisa juga saling melengkapi.

“Saya pikir peluang itu ada, terlebih kombinasi ini mencerminkan relasi sinergis generasi senior dan muda,” katanya.

Sebelumnya, kabar seputar pindahnya Sandiaga Uno dari Gerindra ke Partai Persatuan Pembangunan atau PPP, belakangan ini terus mencuat. Jika memang Sandiaga jadi ke partai berlambang Ka'bah itu, potensi diusung di Pilpres 2024, cukup terbuka.

Peluang pria yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu, cukup terbuka menjadi cawapres.

Setidaknya demikian analisa dari Ikhwan Arif, Direktur Eksekutif Indonesia Political Power. Posisi cawapres menurut dia, cukup besar didapatkan Sandiaga. Sebab punya track record yang baik, juga pengalaman sebagai menteri dan pengusaha.

"Jadi ini alasan PPP tertarik mendukung Sandiaga Uno sebagai capres atau cawapres potensial pilihannya PPP," kata Ikhwan, Selasa, 17 Januari 2023.

Potensi Sandiaga diusung melalui KIB untuk mendampingi Airlangga Hartarto yang juga Ketum Golkar, menurutnya lebih besar. Apalagi Sandiaga punya background politik serta pengusaha yang punya modal logistik yang kuat.

"Sangat rasional ketika PPP menominasi Sandiaga untuk maju di pilpres. Apalagi PPP tergabung dalam KIB," kata Ikhwan.

Menyandingkan Airlangga dengan Sandiaga, menurut dia bisa menjadi kekuatan baru di Pilpres 2024 yang layak diperhitungkan oleh koalisi yang lainnya. Mengingat keduanya menteri pilihan Presiden Jokowi, bahkan juga direstui.

"Persoalan elektabilitas bisa diukur ulang," ujar Ikhwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya