Cak Imin Desak Pemerintah Segera Audit Total PT GNI Pascabentrokan Maut

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di KPU.
Sumber :
  • Twitter @cakimiNOW

VIVA Politik - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin meminta pemerintah segera melakukan audit total di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI). Audit baik dari sisi teknologi smelter hingga pelaksanaan aspek Keselamatan Kesehatan Kerja (K3). 

Sama-sama dari Luar Kota, Anies-Cak Imin Baru Silaturahmi Lebaran di H+6 Idul Fitri

Menurut Ketua Umum PKB ini, langkah tersebut penting dilakukan untuk mengungkap fakta pemicu bentrokan yang terjadi antar kelompok pekerja di PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara pada Sabtu, 14 Januari 2023.

“Saya kira perlu audit total secara komprehensif juga dari pemerintah di PT GNI. Semua aspeknya ya, mulai teknologi smelter, masalah K3-nya. Ini penting untuk mengungkap menyebabkan terjadinya bentrokan sekaligus mencegah kasus serupa di perusahaan yang lain,” kata Cak Imin, dalam keterangannya, Rabu, 18 Januari 2023.

PKB Klaim Hubungan Prabowo-Cak Imin Akrab, Tak Ada Masalah

Cak Imin menyesalkan pecahnya bentrokan maut yang menimbulkan 2 korban jiwa. Ia mengingatkan semua pihak yang tak mudah terprovokasi dengan berbagai spekulasi yang beredar mengenai bentrokan tersebut.

PKB Ngaku Tak Punya Pengalaman Oposisi: Kita Belajar Dulu

Dia mengatakan demikian agar proses hukum yang dilakukan aparat kepolisian berjalan secara optimal.

"Saya sangat sesalkan kejadian di Morowali Utara yang melibatkan karyawan PT GNI. Ini harus diusut tuntas, dan saya berharap betul aparat terkait dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pekerja," lanjut Cak Imin.

Ia menyampaikan demikian agar aparat kepolisian bisa mengusut tuntas kasus tersebut.

"Kita dukung aparat kepolisian mengusut kasus itu sampai tuntas, dan kita jangan mudah terprovokasi, apalagi berspekulasi,” tutur legislator asal Dapil Jawa Timur VIII tersebut.

Aparat TNI-Polri berjaga di PT GNI usai bentrokan maut

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Pun, dia memastikan DPR, khususnya Komisi III DPR, akan segera mengecek latar belakang penyebab aksi bentrokan yang menewaskan dua orang pekerja tersebut. 

“Kami di DPR juga tidak tinggal diam, Komisi III nanti akan cek apa sebenarnya yang terjadi di PT GNI. Bagaimanapun bentrokan antar karyawan tidak boleh lagi terjadi selanjutnya,” imbuhnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya