KIB Diprediksi Tetap Usung Airlangga di Pilpres: Golkar Lebih Solid

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketua Umum PPP Mardiono bertemu di satu restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Politik – Nama Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, dinilai lebih punya peluang besar untuk diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB, di Pilpres 2024. Walau belakangan mencuat kabar masuknya Sandiaga Uno di PPP, dan makin lengketnya PAN dengan Erick Thohir.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Seperti diketahui, KIB digagas oleh 3 partai yakni Partai Golkar, PPP dan PAN. Partai Golkar sendiri, seperti yang ditegaskan Wakil Ketum Nurul Arifin, tetap mengusung Airlangga Hartarto.

Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, persaingan untuk siapa yang akan diusung di KIB sebenarnya semakin menarik. Dengan isu Sandiaga masuk dan Erick Thohir yang lengket dengan PAN.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Adi mengatakan, perundingan untuk capres dan cawapres di KIB, akan semakin menarik dengan isu masuknya kedua nama tersebut.

Mengenai elektabilitas di berbagai survei, memang Erick dan Sandiaga cenderung hampir sama. Tetapi menurutnya, dengan kekuatan Golkar, sudah cukup kuat untuk  mengangkat nama Airlangga.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

"Mesin Partai Golkar jauh lebih solid untuk mendongkrak elektabilitas Airlangga, dibanding misalnya PAN dan PPP. Jadi itu yang saya sebut bahwa koalisi ini masih sangat dinamis," kata Adi, Rabu 18 Januari 2023.

Dijelaskannya, Golkar memang tidak akan mendapatkan efek ekor jas dari mencuatnya nama Sandiaga dan Erick tersebut. Sebab Golkar bisa jauh lebih mendongkrak suara partainya, tanpa harus ada sosok populer yang menyertai.

"Golkar itu salah satu kekuatan utamanya adalah anatomi struktur dan kekuatan caleg mereka. Ini terbukti pada 2019, Golkar tidak punya jagoan di Pilpres, tetapi menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi nomor dua," kata dia.

Padahal saat itu, Partai Gerindra sudah mengusung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Tetapi jumlah suara partainya, masih berada di bawah Golkar.

Adi melanjutkan, Gerindra saja yang sudah mengusung Prabowo dan Sandiaga masih berada di bawah Golkar. Sehingga Golkar tidak membutuhkan endors dari pihak lain.

"Tetapi beda dengan PAN dan PPP yang masih butuh endorsement," katanya.

Sandiaga dinilainya lebih unggul dalam hal elektabilitas dibanding Erick. Tetapi tentu ada pertimbangan-pertimbangan lain, yang dibutuhkan selain elektabilitas.

Seperti diketahui, hubungan Sandiaga Uno dengan PPP, belakangan ini sangat dekat. Sehingga menghembuskan dugaan kalau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu, akan merapat ke partai berlambang Ka'bah. Saat ini Sandiaga masih kader Partai Gerindra.

Setidaknya itu terlihat, saat Sandiaga Uno menghadiri peringatan Hari Lahir ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Stadion Kridosono, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 8 Januari 2023. 

Sandiaga hadir dengan mengenakan sarung berwarna hijau yang identik dengan warna PPP, peci hitam, dan kemeja koko berwarna putih. Dia duduk bersebelahan dengan Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono di barisan paling depan di panggung utama kegiatan silaturahmi akbar itu. Tampak pula Muhammad Romahurmuziy, mantan ketua umum PPP yang sekarang menjabat Ketua Majelis Pertimbangan PPP.

Sedangkan Erick Thohir, semakin dekat dengan PAN. PAN sendiri mengakui nama Erick menjadi salah satu yang diminta kader untuk diusulkan di Pilpres 2024. Terbaru, Erick bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan, bersama-sama kader PAN, mengunjungi Binjai Sumatera Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya