Sekjen Hasto Ingin Mahasiswa Punya Cita-cita Keunggulan Bangsa

Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA Politik – Pengajar di Universitas Pertahanan yang juga Sekjen PDIPHasto Kristiyanto, meminta agar para mahasiswa bisa bisa menjadi pemimpin dan menguasai banyak bidang. Tetap terbuka dengan banyak hal, dan membangun kolaborasi.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Itu dikatakan Hasto, Sekjen PDIP yang juga dosen pengajar Universitas Pertahanan atau Unhan RI itu, saat membawa mahasiswanya melakukan kunjungan lapangan ke pabrik urea, NPK, dan produk kimia lainnya, yang merupakan milik BUMN PT Pupuk Kujang di Cikampek, Jawa Barat, pada Rabu.

Sekjen PDIP itu datang disambut jajaran petinggi Pupuk Kujang, yakni Dirut Maryadi dan Komisaris Riad Oscha Chalik. Sesprodi Teknik Mesin Militer Unhan, Letkol Wawan Rukmono, datang menyusul bersama puluhan mahasiswa.

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

“Lokasi Pupuk Kujang ini adalah industrial complex yang sangat lengkap, di sini membentang masa depan Indonesia Raya kita. Kunjungan ini demi membangun imajinasi para mahasiswa, agar sejak belajar sejak awal di Unhan, punya mimpi membangun keunggulan kita sebagai bangsa,” kata Hasto, Rabu 18 Januari 2023.

Dia menilai, pembelajaran di lapangan ini sangat bagus buat generasi bangsa. Karena secara teori mereka sudah dapat di bangku perkuliahan. Tapi ini bisa melihat praktik di lapangan.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Dari situ, Hasto berharap mahasiswa bisa memahami bagaimana implementasi ilmu-ilmu dasar, merancang proses produksi agar memberi nilai tambah pada bahan mentah.

“Anda lihat nanti. Dan imajinasikan. Bagaimana kolaborasi berbagai disiplin ilmu dalam proses produksinya. Teknik mesin tak ada arti tanpa teknik kimia, teknik elektro, teknik sipil dan berbagai teknik material. Semua berkolaborasi dalam sebuah sistem. Dari situ anda akan sadar bahwa sistem produksi hampir sama dengan kehidupan. Bahwa menjadi manusia, pikiran anda harus open mind, tak bisa ego sendiri. Semua harus kolaborasi untuk berproduksi demi penciptaan nilai tambah,” jelas Hasto.

Dijelaskannya, institusi pendidikan tidak bisa membumikan ilmu pengetahuan yang mereka berikan tanpa kolaborasi. Salah satunya, kata Hasto, seperti yang dilakukan dengan PT Pupuk Kujang ini. 

“Kita harap mahasiswa ini ke depannya, 30 tahun ke depan, akan bisa menjadi pemimpin bangsa di segala bidang. Kepada para mahasiswa, serap ilmu sebanyak mungkin, rajinlah membaca buku-buku pengetahuan, dan jadikan diri anda haus akan ilmu pengetahuan,” tegas Hasto.

Dirut Pupuk Kujang, Maryadi, memberi penjelasan awal mengenai bisnis inti perusahaan tersebut dan posisinya sebagai perusahaan negara. Serta seperti apa peran perusahaan tersebut dalam mendukung pertanian nasional dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Termasuk produknya seperti pupuk urea, NPK, dan beberapa produk kimia lainnya. Maryadi mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kedatangan para mahasiswa Unhan. Dan untuk itu, ia menyumbangkan sebuah pantun.

“Menatap luasnya langit menyejukkan jiwa
Memandang indahnya alam manjakan mata
Terus semangat para mahasiswa
Memajukan industri di negeri tercinta,” kata Maryadi menyampaikan pantun.

Komisaris Riad Oscha Chalik, menjelaskan kalau produk Pupuk Kujang mencapai berbagai industri lainnya di luar pertanian, termasuk industri pertahanan. Sehingga posisi industri itu sangat strategis dalam konteks kepentingan bangsa. 

Pihaknya berharap bahwa para mahasiswa yang berkunjung bisa terus menempa diri hingga menjadi anak-anak muda Indonesia yang memajukan bangsa.

“Kami menyambut kedatangan para mahasiswa untuk belajar di sini. Nanti setelah lulus bisa berkarya di berbagai lapangan kehidupan di Indonesia, termasuk bekerja di Kujang ini,” kata Riad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya