Airlangga Tunggu Partai Lain Bergabung di KIB untuk Proyeksikan Ridwan Kamil pada 2024

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Ketemu
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan akan memberikan peran strategis kepada Ridwan Kamil menyosong pemilu presiden tahun 2024 setelah sang Gubernur Jawa Barat resmi bergabung dengan Golkar dan menjadi kader partai itu. Namun dia tak menyebut secara gamblang peran sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Airlangga: Tertinggi Sejak 2015

"Partai Golkar welcome terhadap tokoh masyarakat, termasuk Kang Emil, yang kita buktikan diberikan peran yang cukup strategis," kata Airlangga usai penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Golkar kepada Ridwan Kamil di kantor pusat Partai Golkar, di Jakarta, Rabu, 18 Januari 2023.

Golkar, kata Airlangga, merupakan partai terbuka dan inklusif terhadap tokoh-tokoh potensial. Salah satu buktinya dengan menerima Ridwan Kamil menjadi kader dan mendapatkan jabatan sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar.

Ada Sesajen di Rumah Kakek yang Tewas dengan Kondisi Kepala Hancur

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Ketemu

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Ini komitmen Partai Golkar yang sifatnya inklusif: inklusif untuk melibatkan partai lain, dan inklusif juga untuk tokoh masyarakat yang ingin gabung dengan Partai Golkar, dan hari ini kita buktikan bahwa Partai Golkar welcome terhadap tokoh masyarakat," katanya.

Pilkada 2024 Jadi Momentum Golkar Jaring Tokoh Kharismatik

Airlangga juga menyinggung mengenai peluang Ridwan Kamil diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP. "Untuk KIB, kami ada mekanisme tersendiri, jadi tentu masih ada berproses; KIB kami masih akan mengundang partai lain."

Ridwan Kamil resmi menjadi kader Partai Golkar yang ditandai dengan penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan pengenaan jaket Partai Golkar oleh Airlangga kepada Ridwan Kamil di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Rabu.

Ridwan Kamil langsung menyatakan dukungan kepada Airlangga Hartarto menjadi calon presiden di pemilu. Hal ini disampaikan Ridwan usai resmi menjadi kader partai berlambang berlambang pohon beringin tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Tadi sudah jelas Partai Golkar sudah memutuskan untuk mengusung Pak Airlangga di Pilpres, karena saya anggota Partai Golkar, ya, artinya saya harus mengamankan itu (pencapresan Airlangga)," katanya.

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, dukungan kepada Airlangga sebagai bentuk ketaatan kepada aturan dan kebijakan partai. Munas Golkar telah memutuskan Airlangga sebagai capres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya