Isu Reshuffle, Mentan: Semua Menteri Maksimal, Jokowi Sangat Paksa Kita di Lapangan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL)
Sumber :
  • Dokumentasi Kementan

VIVA Politik - Isu reshuffle sempat mencuat kembali dengan menyenggol sejumlah menteri asal Partai Nasdem seperti Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo. Elite PDI Perjuangan (PDIP) pernah mendorong agar Presiden Jokowi evaluasi Syahrul.

Keluarga SYL Terungkap Ikut Nikmati Uang Korupsi di Kementan, KPK Bilang Begini

Menanggapi itu, Syahrul membantah isu reshuffle tersebut. Dia bilang, Presiden Jokowi mengintruksikan jajaran menterinya agar kerja habis-habisan.

“Nggak ada tuh, presiden suruh kita kerja habis-habisan. Kita kerja di lapangan,” kata Syahrul di Gedung DPR, Jakarta, dikutip dari tvOnenews, Kamis, 19 Januari 2023.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Baca Juga: Paloh Bertemu Luhut di Eropa, Refly Prediksi Nasdem Aman dari Reshuffle

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Menurut Syahrul, semua menteri di Kabinet Indonesia Maju sedang fokus dalam pekerjaannya masing-masing. Dia menambahkan Presiden Jokowi juga selalu meminta menterinya bekerja agar bekerja maksimal. 

“Saya tidak mengerti itu, saya tidak mengerti itu. Tetapi rasanya semua menteri kerja maksimal. Pak Jokowi tuh sangat paksa kita di lapangan,” jelasnya. 

Pun, dia mengatakan, dirinya tidak ada masalah dengan Presiden Jokowi. Begitu juga menurutnya antara Jokowi dengan menteri lain dari Nasdem.

“Ndak ada tuh. Kan presiden suruh kita kerja habis-habisan kita banyak di lapangan,” ujar Syahrul.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Kementan

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam pernyataannya beberapa waktu lalu ditafsirkan akan kembali lakukan reshuffle terhadap sejumlah menteri di kabinet pemerintahannya. Omongan Jokowi itu direspons salah satunya dari elite PDIP.

Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat mendorong Jokowi agar mengevaluasi dua menteri dari Nasdem yakni Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Untuk Mentan, Djarot menyoroti kinerjanya terkait beras impor dan ketahanan pangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya