Ridwan Kamil Gabung Golkar, PAN: Capres Golkar Airlangga Hartarto

Viva Yoga Mauladi
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA Politik – DPP Partai Amanat Nasional (PAN) menghormati keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang bergabung dengan Partai Golkar. Namun, mengenai capres Partai Golkar yang diusulkan di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap Ketua Umum Airlangga Hartarto. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga kepada awak media, Kamis, 19 Januari 2023.

Pj Gubernur NTB Diminta Jaga Netralitas ASN Jelang Pilkada 2024

"Karena sekarang Kang Emil telah menjadi kader Golkar maka Kang Emil harus tunduk patuh kepada kebijakan Golkar. Kang Emil tidak boleh berbeda dengan kebijakan Golkar. Jika berbeda maka Kang Emil melanggar kebijakan partai. Saat ini Golkar tetap menyalonkan Airlangga Hartarto sebagai capres yang akan diusulkan ke KIB," kata Viva Yoga.

Dave Laksono dan Ridwan Kamil

Photo :
Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Viva lebih jauh menerangkan, keputusan di KIB bahwa partai peserta koalisi akan menyalonkan kader internal KIB. "Di PAN ada Zulhas, di Golkar ada Airlangga, di PPP ada Mardiono," ujarnya.

Kendati demikian, Viva menyebut KIB juga akan memonitor dinamika politik kontemporer. Karena itu, menurut Viva, KIB masih menggodok sosok yang bakal diusung di Pilpres 2024. "Pendaftran paslon masih September 2023. Masih lama. KIB tetap solid dan masih cair," ujarya.

Vokalis Hindia Geram Lagunya Dipakai Anak Ridwan Kamil Promosi Produk Pro Israel

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi bergabung ke Partai Golkar. Peresmian Ridwan Kamil masuk dalam struktur keanggotaan ditandai dengan penerimaan kartu tanda anggota (KTA), Rabu, 18 Januari 2023.

Selain itu, Ridwan Kamil juga ditunjuk menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenenangan Pemilu Partai Golkar.

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Ketemu

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, kehadiran Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, memperkuat partainya, tidak hanya wilayah Jawa Barat tapi seluruh Indonesia.

"Karena Golkar butuh tim yang namanya total football. Semua kerja untuk memenangkan pemilu," kata Airlangga dalam konferensi pers di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya