PSI Desak Formula E Pakai Sponsor Swasta: Jangan Sampai Pembangunan LRT dan ITF Berantakan

Balap Formula E Jakarta
Sumber :
  • Dok: FIA Formula E

VIVA Politik - Elite Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus mendorong agar perhelatan ajang balap mobil listrik Formula E tahun 2023 bisa memakai pendanaan dari sponsor swasta. Selain itu, persiapan juga mesti lebih baik.

PSI Ajukan 10 Gugatan Hasil Pileg, MK Pastikan Anwar Usman Tak Ikut Tangani

Demikian disampaikan Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo. Politikus yang akrab disapa Ara itu mengatakan seperti itu karena sebagaimana disampaikan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Harus pakai sponsor swasta dan dipersiapkan dengan baik. Kita ingat tahun lalu sponsor sangat mepet, diumumkannya hanya beberapa hari sebelum pelaksanaan,” kata Ara dalam keterangannya, Kamis 19 Januari 2023.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Anggara minta pendanaan Formula E dipersiapkan dengan matang lantaran tak ingin Jakpro yang merupakan perseroan daerah menjadi tak sehat. Apalagi, kata dia, selama ini, Jakpro kerap mendapat penyertaan modal daerah (PMD) untuk berbagai proyek yang dikerjakan.

Ketua PSI Gubeng Terekam CCTV Cabuli Gadis, Australia Desak Warganya Tinggalkan Israel

"Kami tak ingin Jakpro memakai uang perusahaan untuk menutupi kebutuhan pendanaan Formula E karena sama saja membuat keuangan perusahaan daerah tidak sehat," tutur Ara.

Ara mengingatkan jangan sampai Jakpro terbeban keuangannya karena Formula E. Lalu, akhirnya lalai menjalankan penugasan lainnya.

Dia menyinggung masih ada tugas Jakpro lainnya seperti pembangunan Light Rail Transit (LRT) dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau Intermediate Treatment Facility (ITF).

"Hingga tahun 2021, total PMD ke Jakpro dari APBD mencapai Rp17 Triliun. Artinya 'saham' besar rakyat DKI ini harus dikelola dengan baik. Tahun ini, Jakpro punya penugasan lain tahun ini seperti pembangunan LRT dan ITF. Jangan sampai itu berantakan pelaksanaannya karena terbeban di Formula E,” jelas Ara.

Balap Formula E Jakarta

Photo :
  • Dok: FIA Formula E

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, memberikan lampu hijau kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mencari sponsor termasuk dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E 2023.

“Silahkan saja, kalau sponsor mau, monggo saja,” kata Heru Budi kepada awak media di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 9 Januari 2023.

Meski demikian, mantan Wali Kota Jakarta Utara itu tak mengetahui secara pasti PT Jakpro akan membidik perusahaan BUMN jadi bagian untuk mensukseskan ajang balap mobil listrik tersebut.

“Itu kan bisnis. Untuk BUMN (khususnya) saya engga tahu. Bagaimana proposalnya, silahkan saja Jakpro,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya