Plt Ketua Umum PPP: Saya Tidak Mengambil dan Merebut Sandiaga Uno dari Gerindra

Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono
Sumber :
  • VIVA/Rosikin

VIVA Politik – Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono tak menepis rumor tentang rencana kepindahan Sandiaga Uno dari Partai Gerindra ke partai yang dia pimpin meski Sandiaga masih sah sebagai kader Gerindra.

Bertamu ke Rumah Prabowo, Sandiaga: Hanya Silaturahmi Lebaran

Sandiaga telah beberapa kali menghadiri undangan kegiatan PPP. Dalam momen termutakhir, Sandiaga, dengan mengenanak kopiah, kemeja putih, dan sarung berwarna hijau, menghadiri peringatan Hari Lahir ke-50 PPP Stadion Kridosono, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 8 Januari 2023.

Mardiono mengakui, Sandiaga memang hampir selalu hadir ketika diundang untuk menghadiri kegiatan PPP meski partai berlambang Ka'bah itu juga mengundang tokoh lain, misalnya Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud Md, dan lain-lain.

Kata Budi Arie soal Hubungan Jokowi dengan Prabowo Renggang: Jangan Adu Domba!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno datang dan menghadiri peringatan Hari Lahir ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Stadion Kridosono, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 8 Januari 2023.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

"Memang beliau (Sandiaga Uno) yang kalau diundang sering hadir--sebenarnya juga bukan beliau saja yang kita undang," kata Mardiono dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta, 11 Januari 2023.

Rencana Prabowo Bertemu Megawati, Dasco: Sedang Dikomunikasikan

PPP memang berhasrat untuk menghadirkan Sandiaga Uno sebagai tokoh muda calon pemimpin bangsa, entah sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden, kata Mardiono. PPP menghormati status Sandiaga sebagai kader Gerindra dan, karena itu, tidak akan berupaya untuk mencomot Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu dari partai yang mendidik dan membesarkannya.

PPP, sebagaimana partai lain, Mardiono menekankan, memosisikan diri sebagai semacam sasana tinju atau kawah candradimuka bagi figur-figur potensial calon pemimpin bangsa. Tidak ada yang salah, katanya, dalam konteks mempromosikan kader partai lain sebagai calon pemimpin yang kapasitas dan integritasnya tak diragukan lagi.

"Saya akan tegaskan dulu di sini bahwa Partai Persatuan bangunan, atau saya, sebagai Plt Ketua Umum, saya tidak dalam konteks untuk mencabut tanaman di halaman orang lain, tanaman yang ditanam di lahan orang lain," katanya.

Muhamad Mardiono Plt Ketua Umum PPP

Photo :
  • VIVA/Rosikin

"Beliau (Sandiaga Uno) saya hormati bahwa beliau masih kader Gerindra; hubungan kerja sama partai politik satu dengan yang lain itu sudah menjadi keniscayaan; [seperti halnya] banyak kader Partai Persatuan Pembangunan, banyak kader Partai Gerindra di daerah-daerah, yang kita saling bersama-sama untuk mencalonkan tokoh-tokoh daerah itu."

Sejauh ini, katanya, hubungan PPP dengan Sandiaga sebatas kerja sama antarpartai. "Bukan dalam konteks untuk narik-narik [Sandiaga Uno] dari Gerindra," ujarnya. 

Tetapi, jika pada akhirnya kelak Sandiaga memutuskan untuk pindah ke PPP, Mardiono dan seluruh unsur Partai akan senang dan bakal menyambutnya dengan tangan terbuka. "Saya, PPP, senang, tetapi saya tidak dalam konteks mencabut kader, atau mengambil kader, atau merebut kader dari partai lain untuk di-hire."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya