Gerindra-PKB Resmikan Sekber, Jubir: Bukan Koalisi Kaleng-kaleng

Prabowo-Muhaimin Resmikan Sekretariat Bersama
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) danPartai Gerindra meresmikan Sekretariat Bersama atau Sekber di Jalan Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Januari 2023. Sekber didirikan demi mempermudah koordinasi dan konsolidasi kedua partai menghadapi Pemilu 2024. 

Kirim Surat Amicus Curiae ke MK, Megawati Singgung Etika Presiden Jokowi

Juru Bicara Milenial PKB, Mikhael Sinaga menyebut dengan sekber tersebut memperlihatkan koalisi Gerindra-PKB solid.

"Seperti yang sudah sering saya katakan, koalisi ini bukan kaleng-kaleng. Peresmian sekber ini menunjukan kami (PKB-Gerindra) solid untuk menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024," kata Mikhael, dalam keterangannya, Senin, 23 Januari 2023.

Ganjar Tak Masalah Ketum PPP Hadir Silaturahmi dengan Kubu 02

Dia menyampaikan PKB-Gerindra juga sudah membuktikan aksi mereka dengan terarah dan terukur. Sebab, dengan cara itu mereka langsung membentuk sekber pusat yang akan diikuti di seluruh provinsi di Tanah Air.

"Di saat koalisi lain masih banyak yang bimbang. Kami sudah maju satu langkah untuk menghadapi pertarungan Pemilu nanti," jelasnya.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Michael menambahkan, koalisi Gerindra dan PKB juga dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan yakni nasionalis serta religius. Dengan demikian, koalisi ini punya tujuan untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu 2024.

"Kerja sama didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, dan sejahtera," kata dia.

Pun, dia mengatakan selain Gerindra dan PKB, poros koalisi itu bisa membuka pintu untuk partai politik atau parpol lain. Namun, hal itu mesti persetujuan kedua belah pihak.

"Kalau partai lain koalisinya nggak jelas dan mau gabung ke kami, DPP PKB selalu membuka pintu komunikasi," ujarnya.

Dia bilang, untuk persiapkan Pilpres 2024, PKB dan Gerindra juga satu suara untuk menghadapi Pilpres 2024. Menurutnya, koalisi ini juga beri bukti nyata kepada masyarakat. "Kami tak banyak berjanji tapi langsung action," tuturnya.

Juru bicara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mikhael Sinaga.

Photo :
  • Istimewa

Kemudian, ia mengatakan dengan PKB dan Gerindra bentuk sekber juga memperlihatkan koordinasi makin baik. Ia berharap bisa berdampak positif kemenangan di Pilpres 2024.  "Sekber ini tanda kami sudah satu hati dan kemenangan sudah di depan mata," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyampaikan alasan memilih 23 Januari karena merupakan waktu yang baik. Dia menyebut hari ini merupakan 1 Rajab yang merupakan momentum kalangan santri dan umat Islam untuk berbenah dan mempersiapan keberkahan menuju Ramadan 

"PKB dan Gerindra adalah kekuatan yang saling melengkapi, dan akan sangat lengkap lagi akan disusul oleh partai-partai yang bergabung untuk Indonesia adil, makmur, san sejahtera," ujar Cak Imin di Menteng, Jakarta, Senin, 23 Januari 2023.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya