Koalisi yang Dibangun Gerindra dan PKB Solid, Dibanding Pengusung Anies dan Ganjar

Prabowo-Muhaimin Resmikan Sekretariat Bersama
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Diresmikannya Sekretariat Bersama atau Sekber Gerindra dan PKB, membuktikan bahwa koalisi kedua partai ini cukup solid menghadapi Pilpres 2024. Dibanding dengan koalisi lain yang masih belum ada kesepakatan.

Prabowo: Dihina, Diremehkan dan Difitnah Itu Bagian dari Kehidupan

Hal itu diutarakan analis politik Arif Nurul Imam. Dia mengatakan, peresmian Sekber Gerindra dan PKB tersebut, mempengaruhi eskalasi Pilpres 2024. 

"Peresmian ini juga menunjukkan koalisi Gerindra dan PKB kompak dibanding koalisi lain, misalnya pengusung Anies atau Ganjar yang masih belum jelas nasib politiknya," kata Arif, saat dihubungi VIVA, Selasa 24 Januari 2023.

PKS Buka Peluang Koalisi dengan PDIP, Edy Rahmayadi Berpotensi Diusung jadi Cagub Sumut

Prabowo-Muhaimin Resmikan Sekretariat Bersama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dari banyak survei, 3 nama bakal capres yang elektabilitasnya tinggi memang Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Prabowo melalui Gerindra sudah punya tiket maju Pilpres 2024 pasca berkoalisi dengan PKB. Anies Baswedan masih menunggu penjajakan 3 partai yakni Demokrat, Nasdem dan PKS. Sementara Ganjar Pranowo partai asalnya PDIP, masih belum mengumumkan.

Terpopuler: Jukir Liar Depan Istiqlal Ditangkap, Aturan Baru Jokowi BPJS Pengganti Kelas 1,2 dan 3

Langkah maju koalisi Gerindra dan PKB ini juga, menurut Arif, sudah pasti akan memberi dampak pada partai dan koalisi yang lainnya. Terutama dalam rangka membangun kekuatan.

"Secara eksternal ini akan memantik parpol atau koalisi lain untuk segera bergegas membangun poros politik dan mengkonsolidasikan kekuatannya," jelas Direktur IndoStrategi Research and Consulting tersebut.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra meresmikan Sekretariat Bersama atau Sekber di Jalan Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat. Sekber didirikan demi mempermudah koordinasi dan konsolidasi kedua partai menghadapi Pemilu 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya