Pengamat: Erick Thohir Dominasi Dukungan Pemilih Religius dan Pulau Jawa

Erick Thohir
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Pengamat Politik Ray Rangkuti menilai Menteri BUMN Erick Thohir adalah pemimpin yang sangat potensial dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang. Ia menjelaskan Erick Thohir memiliki komponen yang menjadikannya sebagai cawapres potensial yang menjadi pilihan utama capres maupun koalisi manapun di Pilpres 2024.

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

Pertama Erick Thohir disebut sebagai kader terbaik yang dimiliki oleh organisasi Islam terbesar di dunia dan Indonesia yakni Nahdlatul Ulama. “Erick Thohir makin kuat. Ya anggap menjadi bagian dari keluarga besar NU, jadi ketua panitia NU yang ke 100,” terang Ray yang juga Pendiri Lingkar Madani Indonesia (LIMA).

Erick Thohir Buka Resmi Porseni NU

Photo :
  • VIVA / Fajar Sodiq
Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Di samping itu, Erick Thohir adalah sosok pemimpin luar Jawa yang paling menonjol. Di mana ia mampu menyita perhatian masyarakat seluruh Indonesia karena kinerja apik di Kementerian BUMN dan sebagai menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi.

Berbagai program yang dikeluarkan oleh Erick Thohir di Kementerian BUMN mampu menjangkau seluruh masyarakat di Indonesia. Seperti halnya program KUR, Mekaar, Makmur dan Solusi Nelayan yang terbukti mampu menggerakkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat di seluruh Nusantara.

Ganjar Tak Masalah Ketum PPP Hadir Silaturahmi dengan Kubu 02

Karena itu, Erick Thohir mampu melengkapi capres yang mayoritas berasal dari pulau Jawa seperti Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

“Selain itu, untuk kelompok agamawan kelompok non Jawa Erick adalah figurnya. Dia kan tokoh non Jawa gitu, maksudnya Jawa bukan etnik ya, Jawa artinya pengertiannya geografis (pulau),” pungkas Ray.

Perlu diketahui, banyak masyarakat Indonesia yang menginginkan perjodohan antara Ganjar Pranowo dan Erick Thohir terjadi di pilpres 2024 mendatang. Bahkan telah muncul gerakan akar rumput masyarakat untuk mendukung keduanya di kontestasi demokrasi yakni relawan Ganjar-Erick untuk Merah Putih atau Jarik Merah Putih.

Erick Thohir sambangi Semen Padang

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Di samping itu, berbagai lembaga survei juga menemukan duet Ganjar-Erick merupakan pasangan terkuat untuk pilpres saat ini. Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia (IPI), duet Ganjar – Erick tidak terkalahkan dalam empat simulasi pilpres 2024.

Elektabilitas terbesar duet tersebut adalah 39,7 persen saat berhadapan dengan pasangan Anies – Khofifah 27,4 persen dan Prabowo – Bahlil 20,4 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya