Aktivis Tionghoa Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia, Sempat Bela Habib Rizieq Mati-matian

Aktivis Lieus Sungkharisma saat deklarasi kedaulatan rakyat di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Lilis

VIVA Politik – Aktivis sosial keturunan Tionghoa Lieus Sungkharisma meninggal dunia pada Selasa malam, 24 Januari 2023. Kabar tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Fadli Zon. Menurut informasi yang beredar, Lieus Sungkharisma meninggal akibat menderita sakit jantung.  

Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil

Terdapat sejumlah momen yang mengingatkan banyak orang terhadap sosok Lieus Sungkharisma, mulai dari dia sebagai pendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019-2024, pernah marah besar saat tidak diperbolehkan menjenguk Ahmad Dhani di penjara, hingga menjadi sosok yang membela Habib Rizieq Shihab (HRS).

Kolega Ahmad Dhani, Lieus Sungkharisma, di Rutan Cipinang, Jakarta.

Photo :
  • VIVAnews/ Eka Permadi
Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Salah satu pembelaan Lieus terhadap Habib Rizieq Shihab pernah disampaikan di beberapa kesempatan wawancara, salah satunya di Podcast Refly Harun beberapa waktu yang lalu. 

Di hadapan Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun, Lieus menyebut bahwa pembelaannya terhadap Habib Rizieq Shihab tak lepas dari kekagumannya pada eks pentolan FPI (kini sudah bubar) itu. 

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

“Orang bilang, Islam enggak didiskrimansi, memang enggak didiskrimanasi, tapi berapa orang-orang yang peduli terhadap nasib negeri ini, tokoh-tokoh Islam-nya itu ko saya rasa miris gitu ya. Yang paling kelihatan itu Habib Rizieq Shihab (HRS). Saya lihat, salahnya apa sih? Waduh kayaknya jelek banget ini orang framingnya,” kata Lieus, dikutip dari tvOnenews bersumber tayangan Podcast Refly Harun. 

Lieus mengaku pernah bertanya kepada teman-teman sesama keturunan Tionghoa soal apakah ada yang merasa dirugikan oleh sosok Habib Rizieq atau tidak. Menurutnya, dia dan teman-temannya, terutama yang mempunyai profesi sebagai pedagang, mengaku sama sekali tidak merasa dirugikan dengan organisasi yang pernah dipimpin Habib Rizieq tersebut. 

“Siapa sih yang dirugiin sama dia (Habib Rizieq)? Kalau kita dagang nih, ada gak yang diperas? enggak ada. Saya banyak tanya juga orang Tionghoa, 'Eh lu punya toko suka diperas FPI gak?' mereka jawab enggak. Jadi kenapa kita mesti ikut-ikutan benci Habib Rizieq? katanya bahaya, radikal lah, tapi ternyata tidak,” kata Lieus.

Lieus Sungkharisma atau Li Xue Xiung, aktivis sosial kemasyarakatan.

Photo :
  • Fikri Halim

Menurut Lieus, sosok Habib Rizieq Shihab bukanlah orang yang menyeramkan seperti yang banyak dikatakan orang-orang, terutama yang kontra terhadap HRS. 

“Sudahlah, makin lama makin cair, jadi Habib Rizieq itu kita anggap bukan sesuatu atau sosok yang menyeramkan, bahkan kita selalu menyampaikan ke yang lain-lain, coba lu kalau ada yang dirugikan oleh FPI dan Habib Rizieq kasih kita, akrena Habib tantang juga saat itu,” ungkap Lieus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya