PAN Juga Pertimbangkan Nama Anies Baswedan Jadi Capres, Selain Ganjar dan Erick Thohir

Yandri Susanto
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengungkapkan bahwa nama calon presiden yang bakal diusung PAN masih merujuk pada nama hasil Rakernas pada 27 Agustus 2022. Diterangkan Yandri, selain nama Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas, dua nama bakal capres yang menguat yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Soal Peluang Duet dengan Anies di Pilgub Jakarta, Ahok: Aturan KPU Enggak Bisa

"Di situ ada Ganjar ada Erick yang menguat di internal partai. Tentu Ketua Umum pasti nomor satu, yang lain berpeluang juga," kata Yandri, Rabu, 25 Januari 2023.

Yandri juga sempat menyinggung nama bakal capres Partai Nasdem, Anies Baswedan. Dia menyebut bahwa dukungan Anies juga menguat, tetapi masih kalah dengan nama Zulhas, Ganjar dan Erick Thohir. "Kalau dilihat secara mayoritas dan kecenderungan itu Ganjar sama Erick, tapi Anies juga lumayan kuat," kata Yandri.

Pilgub Jakarta 2024, PAN Sambut Baik Rencana Anies Baswedan Temui Prabowo

Anies Baswedan saat acara Bazar UMKM sekaligus meresmikan lembaga HMS Center.

Photo :
  • Twitter @aniesbaswedan
JK Respons Positif Anies Baswedan Maju di Pilgub Jakarta 2024

Kendati begitu, Yandri menerangkan, nama-nama bakal capres PAN tersebut belum dibahas dalam forum Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB bentukan PAN, Golkar dan PPP. Nama-nama tersebut, kata dia, masih dinamis.

"Belum (dibahas) juga karena masih dinamis. Itukan atas pemantauan saya sebagai pemenangan Pemilu, beberapa kali kunjungan ke daerah, berapa kali DPD datang ke Jakarta. Kecenderungannya itu," imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

PAN melalui forum Rakernas pada 27 Agustus 2022, telah mengumumkan 9 nama bakal capres yang akan diusung, yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (sebelum diganti), Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya