Wanita di Sorong Dibakar Hidup-hidup, Legislator PKB: Tidak Berprikemanusiaan!

Anggota DPR sekaligus Politikus PKB Nihayatul Wafiroh (kanan).
Sumber :
  • Dok. PKB

VIVA Politik - Aksi main hakim sendiri dengan cara sadis yaitu membakar dilakukan sekelompok orang di Sorong, Papua Barat Daya. Korban adalah seorang wanita yang akhirnya tewas karena dituduh menculik anak.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Politikus PKB yang juga koordinator Nasional Gerakan Peduli Anak (GPA), Nihayatul Wafiroh mengecam keras aksi sadis yang membakar hidup-hidup wanita tersebut. Ninik sapaan akrabnya heran dengan cara main hakim sekelompok warga di Kokoda, Kota Sorong tersebut.

"Saya sangat mengecam aksi pembakaran seorang perempuan di Kota Sorong. Itu aksi yang sangat tidak berprikemanusiaan," kata Ninik, dalam keterangannya, Rabu, 25 Januari 2023.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Legislator PKB itu meminta agar aparat kepolisian mengusut tuntas kasus tersebut. Menurut, cara main hakim dengan cara keji tidak bisa dibenarkan. Apalagi, kata dia, sampai menghilangkan nyawa.

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

"Saya minta aparat kepolisian setempat segera mengusut kasus itu, tangkap para pelaku, karena kekerasan dengan apapun tidak bisa dibenarkan," lanjut Wakil Ketua Komisi IX DPR tersebut.

Pun, dia mengingatkan agar masyarakat jangan mudah terprovokasi untuk melakukan aksi main hakim sendiri. Sebab, RI merupakan negara hukum.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Nihayatul Wafiroh

Photo :

Ia mengatakan mesti mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan yang harus dijaga. Lalu, proses hukum harus dihormati.

"Tentu ini jadi warning bagi kita semua untuk tidak mudah main hakim sendiri. Sesalah-salahnya orang tetap saja tidak boleh dibunuh dengan keji, kita negara hukum," ujar Ninik.

Geger seorang wanita di Kota Soreng, Papua Barat Daya jadi korban main hakim sendiri oleh sekelompok orang pada Selasa kemarin, 24 Januari 2023. Wanita yang menggunakan daster ini dibakar hidup-hidup karena dituduh sebagai penculik anak.

Aksi biadab para pelaku itu membuat korban akhirnya meninggal dunia karena luka bakar yang parah di sekujur tubuhnya. Sebelum dibakar, korbanm sempat diarah dengan busana setengah bugil.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya