Tangkap Sinyal Jokowi Mau Reshuffle, Petinggi PPP: Paling-paling Rabu Pon atau Pahing

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet Kerja di Istana Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Politik - Isu Presiden Jokowi akan kembali lakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju masih menggelinding. Elite Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menangkap sinyal kemungkinan Jokowi lakukan reshuffle.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Wakil Ketua Umum DPP PPP Arsul Sani mengungkapkan kemungkinan Jokowi jika lakukan reshuffle. Dia bilang wacana reshuffle kemungkinan terjadi pada Februari 2023. Dia pun memprediksi waktu Jokowi bila benar melakukan reshuffle terhadap menterinya.

“Paling-paling kan menandai ini Rabu Pon atau Rabu Pahing. Kalau Rabu Pon berarti 1 Februari. Kalau Rabu Pahing ya berarti dua minggu lagi di pertengahan Februari, gitu aja," kata Arsul dikutip dari tvOnenews, Kamis, 26 Januari 2023.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Arsul mengatakan saat Jokowi serius lakukan reshuffle, maka pasti ketua umum parpol diajak bicara. Namun, ia menekankan mesti melihat juga kebiasaan Jokowi. 

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

“Tapi kan kebiasannya presiden itu, kalo yang di-reshuffle itu menteri dari partai politik maka presiden selalu berkomunikasi dengan parpol,” jelas dia. 

Menurut Arsul, Jokowi biasanya akan memulainya pada waktu-waktu terakhir mendekati reshuffle. “Tapi itu kan di waktu-waktu terakhir. Jadi, kalau yang akan datang, ya kita itu semua nunggu saja,” tuturnya.

Politisi PPP dan Anggota Komisi III DPR, Arsul Sani.

Photo :
  • VIVA/Eduward Ambarita

Sebelumnya, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyebut informasi terkait adanya Jokowi mau kembali reshuffle menguat. Namun, Awiek, sapaan akrabnya mengaku tak paham menteri yang akan dievaluasi.

"Iya, bakal ada reshuffle lagi. Itu informasinya, memang indikasinya cukup kuat dan siapa saja itu kita enggak tahu," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.

Dia bilang jika benar ada reshuffle maka hanya Jokowi yang mengetahui waktu pelaksanaannya.”Tetapi kapannya hanya presiden yang tahu," ujar Awiek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya