Survei Polmatrix: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tak Terkejar, Ridwan Kamil dan Sandiaga Rebound

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Hasil survei Polmatrix menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 25,3 persen, sedangkan Anies Baswedan untuk sementara menduduki peringkat kedua dengan elektabilitas 22,0 persen disusul Prabowo Subianto sebesar 21,1 persen.

“Elektabilitas Ganjar tak terkejar, di bawahnya Anies dan Prabowo bersaing di tiga besar bursa capres,” kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam hasil survei yang diterima di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023.

Menurut Dendik, naiknya elektabilitas Ganjar semakin meningkatkan peluang Gubernur Jawa Tengah itu untuk bisa mendapatkan tiket capres. Pada HUT Ke-50 PDIP beberapa waktu lalu banyak kalangan menduga Ganjar akan diumumkan sebagai capres yang bakal diusung.

Anies Baswedan saat acara Bazar UMKM sekaligus meresmikan lembaga HMS Center.

Anies Baswedan saat acara Bazar UMKM sekaligus meresmikan lembaga HMS Center.

Photo :
  • Twitter @aniesbaswedan

“PDIP masih menunggu momentum yang tepat, di mana partai-partai lain juga dalam posisi wait-and-see terhadap keputusan PDIP,” kata Dendik.

PDIP merupakan satu-satunya partai yang berhak mengajukan pasangan capres-cawapres tanpa perlu berkoalisi. Pilihan PDIP untuk mengusung capres dan apakah akan berkoalisi dengan partai lain sangat menentukan peta politik mendatang.

Halaman Selanjutnya
img_title