Survei Polmatrix: Elektabilitas PKS Merosot, Kegagalan Strategi Partai Oposisi

Presiden PKS Ahmad Syaikhu
Presiden PKS Ahmad Syaikhu
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik – Hasil survei Polmatrix menunjukkan peningkatan elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari 5,5 persen pada Oktober 2022 menjadi 5,7 persen pada Januari 2023, serta elektabilitas PDI Perjuangan yang masih menempati posisi tertinggi sekitar 18,1 persen.

“PSI mengalami tren kenaikan sepanjang tahun 2022 hingga awal tahun 2023,” kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam hasil survei yang diterima di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023.

Temuan survei Polmatrix Indonesia menunjukkan PDIP tetap unggul dengan elektabilitas 18,1 persen, disusul Gerindra sebesar 11,7 persen, dan Demokrat 10,5 persen.

Grace Natalie PSI

Grace Natalie PSI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Berikutnya ada Golkar (8,5 persen), PKB (8,0 persen), dan PSI (5,7 persen). Sementara itu, PKS justru mengalami tren penurunan elektabilitas, kini sebesar 4,2 persen dari yang sebelumnya sebesar 4,7 persen pada Oktober 2022 atau mendekati ambang batas parlemen 4 persen. Penurunan dialami PAN setelah sebelumnya sempat naik pada survei bulan Oktober 2022 kini menjadi 1,8 persen.

Menurut Dendik, turunnya elektabilitas PKS berbanding terbalik dengan pencapaian Demokrat sebagai sama-sama partai oposisi atau di luar pemerintah. Elektabilitas Demokrat berhasil menembus dua digit dan memantapkan diri pada posisi tiga besar.

Halaman Selanjutnya
img_title