Kaesang Kepincut Terjun ke Politik, Jubir PKB: Bukan Dinasti Politik, Tidak Ada Salahnya

Kaesang Pangarep
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Politik - Langkah putra bungsu Presiden Joko Widodo yaitu Kaesang Pangarep yang tertarik ingin terjun ke kancah politik menuai respons dari elite partai politik. Salah satunya dari elite parpol pendukung pemerintah.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Juru bicara PKB Ais Shafiyah menanggapi keinginan Kaesang yang mau terjun ke dunia politik. Menurutnya, PKB terbuka lebar alias siap menerima Kaesang jika ingin bergabung.

Dia menjelaskan, setiap orang punya hak terjun ke dunia politik termasuk Kaesang yang notabene putra Presiden. Ais menilai keinginan Kaesang juga bukan bagian dari dinasti politik

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

“Saya rasa tidak ada salahnya seorang anak Presiden ingin maju ke politik, Indonesia kan menganut sistem demokrasi,” kata Ais, dalam keterangannya, Kamis, 26 Januari 2023.

Ganjar-Mahfud Gak Nongol di Penetapan Prabowo, Nusron: Harusnya Perlihatkan Kenegarawanan

Pun, dia menambahkan, PKB prinsipnya pendukung Kaesang yang ingin terjun ke politik. Ais mengatakan kembali bahwa pihaknya yang dipimpin sang ketua umum Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bahkan siap menampung keinginan Kaesang.

Bagi Ais, Kaesang mungkin punya alasan tersendiri hingga mengutarakan niat mau turun ke politik. Dia merasa alasan itu bukan karena ayahnya yang meripakan Presiden RI. Begitu juga isu aji mumpung punya kakak Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjabat Wali Kota Solo.

Lebih lanjut, dia mengatakan putra Presiden seperti Gibran yang jadi pemimpin daerah juga mesti melalui proses pemilihan masyarakat lewat pemilu. Lalu, masyarakat sebagai pemilih saat ini juga cerdas sehingga tak asal pilih calon pemimpinnya.

Ais mengingatkan figur calon pemimpin bisa dilihat dari tiga karakter yaitu quality, capability dan integrity. "Dengan kata lain, jangan sampai orang yang memiliki tiga karakter itu justru tidak bisa maju hanya karena dia anak seorang pejabat,” sebut Ais.

Juru bicara muda PKB Ais Shafiyah

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya, kakak Kaesang yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan isi pembicaraan saat pertemuannya dengan Presiden Jokowi pada Senin, 23 Januari 2023. Dia mengungkapkan salah satu pembahasan dalam pembicaraan itu cukup mengagetkan karena terungkap keinginan Kaesang yang mau terjun ke politik. 

Momen tersebut terjadi ketika Presiden Jokowi dan keluarganya makan siang di Ono Solo Coffee dan Eatery di kawasan Ngarsopuro usai meninjau Solo Solo Safari dan Solo Techno Park pada Senin, 23 Januari 2023. 

“Tapi kemarin mungkin malah yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Ya Kaesang kemarin, aku yo kaget. Dia secara terbuka kemarin menyampaikan ke saya dan ke Bapak, dia ada ketertarikan di politik,” kata Gibran yang juga putra sulung Presiden Jokowi saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa, 24 Januari 2023.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya