Dukungan Erick Thohir Maju Jadi Cawapres Bermunculan, Ini Analisanya

Menteri BUMN, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Dinamika menuju Pilpres 2024, nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk jadi salah satu bursa bakal cawapres. Bahkan, dukungan terhadap Erick terus bermunculan dari simpatisan pendukung hingga elite partai politik.

Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia Dapat Kabar Baik dari Ketum PSSI Erick Thohir

Tokoh Masyarakat asal Sukabumi Ade Nu’man menilai dukungan terhadap Erick semakin kuat. Menurut dia, dengan memangku jabatan Menteri BUMN, kebijakan Erick yang diluncurkan dianggap tepat dan terasa langsung ke masyarakat 

"Masyarakat kita percaya Pak Erick Thohir dapat membawa Indonesia yang lebih sejahtera lagi," kata Ade, Kamis, 26 Januari 2023.

Jadwal Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pun, dia menambahkan, Erick juga dianggap merupakan sosok pemimpin yang punya kepedulian tinggi. Maka itu, ia tak heran bila dukungan terhadap Erick jadi cawapres terus berdatangan. "Dukungan kali ini tidak lain karena terinspirasi dengan kepedulian Pak Erick Thohir," ujar Ade. 

Ibnu Jamil Semprot PSSI Gegara Cristian Gonzales Nonton Timnas Indonesia Bukan di VIP

Potret hasil riset Survey dan Polling Indonesia (SPIN) pernah merilis elektabilitas Erick sebagai cawapres berada di urutan teratas. Survei SPIN dilakukan periode 1 - 10 Desember 2022.

Dalam survei itu, Erick menungguli nama lain seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Andri Mardiansyah/VIVA.

Modal Erick

Pengamat Politik Ray Rangkuti menganalisa, Erick punya potensi yang tak dimiliki cawapres lain. Kata dia, salah satunya Erick saat ini bagian dari keluarga besar organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU).

Kata dia, posisinya sebagai Menteri BUMN juga jadi kelebihan Erick. Lalu, Erick juga pernah didaulat sebagai Ketua Steering Committee Panitia Harlah ke-100 NU. 

“Erick Thohir makin kuat. Ya anggap menjadi bagian dari keluarga besar NU, jadi ketua panitia NU yang ke 100,” kata Ray yang juga Pendiri Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Rabu, 25 Januari 2023.

Lalu, pengamat politik Idil Akbar juga menyebut Erick punya keunggulan karena latar belakangnya sebagai pengusaha sukses di Tanah Air. Sosok Erick juga dianggap pemimpin yang menguatkan aspek ekonomi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya