Respons Jokowi soal Kaesang Ingin Terjun ke Politik

Jokowi dan Kaesang Pangarep (Foto/Instagram/Kaesang)
Sumber :
  • U-Report

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomentar soal putra bungsunya yaitu Kaesang Pangarep yang akan terjun ke dunia politik. Jokowi mengaku tidak akan ikut - ikutan soal keputusan yang akan di ambil oleh Kaesang.

PAN Tampung Usulan Duet Kaesang-Zita di Pilgub Jakarta 2024

Selain itu, Mantan Wali Kota Solo itu juga mengatakan, Kaesang sudah memiliki keluarga sendiri dan dia beranggapan bahwa putra bungsunya itu dapat memutuskan segala hal sesuatu, termasuk saat akan terjun ke dunia politik.

"Saya enggak memengaruhi, saya tidak memutuskan karena mereka sudah punya keluarga sendiri. Harus bertanggungjawab, bisa memutuskan sendiri, saya enggak akan ikut-ikut," ujar Jokowi kepada wartawan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu 29 Januari 2023.

Kemenkeu Pastikan Semua Visi-Misi Prabowo Masuk di RAPBN 2025 Sesuai Instruksi Jokowi

Jokowi juga mengatakan bahwa Kaesang sudah melakukan pembicaraan kepadanya soal ingin terjun ke dunia politik. Presiden menyebut dirinya akan memberi kebebasan kepada Kaesang.

Jokowi Mau Perpanjang Restrukturisasi Kredit, Ekonom: Jangan Sampai, Bank yang Kasihan

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberikan kebebasan pada mereka," katanya. 

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membeberkan isi pembicaraan saat pertemuannya dengan Presiden Jokowi pada Senin, 23 Januari 2023. Salah satu pembahasan dalam pembicaraan itu cukup mengagetkan karena terungkap jika putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep kepincut untuk terjun ke politik mengikuti jejak kakaknya yang juga Wali Kota Solo.

Presiden Jokowi.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Momen tersebut terjadi ketika Presiden Jokowi dan keluarganya makan siang di Ono Solo Coffee dan Eatery di kawasan Ngarsopuro usai meninjau Solo Solo Safari dan Solo Techno Park pada Senin, 23 Januari 2023. Selain membahas tentang progres pembangunan di Solo, dalam kesempatan itu juga membahas soal keputusan Kaesang Pangarep.

“Tapi kemarin mungkin malah yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Ya Kaesang kemarin, aku yo kaget. Dia secara terbuka kemarin menyampaikan ke saya dan ke Bapak, dia ada ketertarikan di politik,” kata Gibran yang juga putra sulung Presiden Jokowi saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa, 24 Januari 2023.

Kaesang Pangarep

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Mendengar Kaesang yang ingin terjun ke politik, baik Gibran maupun Presiden Jokowi pun kaget. Bahkan, saking kagetnya suami Selvi Ananda itu masih belum percaya terkait niat adik bungsunya yang kepincut ke dunia politik.

“Ya, saya kan baru dengar kemarin, tenan opo ora (pasti atau tidak). Bapak ya kaget, kaget sek. Biasane ora tau ngomongke ngono kui (biasanya tidak pernah ngobrolin seperti itu),” ujar dia.

Hanya saja ketika disinggung terkait langkah politik yang akan diambilnya, ia belum bisa banyak membeberkan. Pasalnya saat ini Kaesang masih dalam tahap penjajakan dan menanyakan berbagai hal terkait politik kepada dirinya maupun Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya