Jokowi Bicara Reshuffle di Rabu Pon 1 Februari: Tunggu Saja

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat menunggu keputusan soal reshuffle atau perombakan kabinet yang kemungkinan akan terjadi pada 1 Februari 2023. Adapun 1 Februari 2023 merupakan hari Rabu Pon, hari di mana Jokowi biasa melakukan reshuffle

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Hal tersebut diungkap oleh Presiden Jokowi saat menghadiri acara Kick Off ASEAN RI di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat yang digelar Minggu 29 Januari 2023.

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Mulanya, mantan Wali Kota Solo itu merasa heran ketika ditanya awak media soal Rabu Pon bertepatan pada 1 Februari 2023 mendatang.

"Hm? Masa?," ujar Jokowi kepada wartawan di Jakarta Pusat, Minggu 29 Januari 2023.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Presiden menanggapi kembali pertanyaan awak media yang menyebut bahwa apakah ada momen kejutan soal reshuffle pada Rabu Pon 1 Februari 2023 nanti. Dia meminta agar semua pihak menunggu saja. 

"Rabu Pon? Bener? Ya nanti tunggu saja," kata dia.

Presiden Jokowi.

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Sebelumnya, isu Presiden Jokowi akan kembali lakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju masih mencuat. Beredar kemungkinan Jokowi akan lakukan reshuffle pada Rabu, 1 Februari 2023 yang bertepatan dengan Rabu Pon.

Menanggapi itu, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, mengatakan urusan reshuffle, pihaknya menyerahkan penuh kepada Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi. Terkait waktu jika benar ada reshuffle, maka PDIP menyerahkan itu kepada Jokowi selaku kepala negara.

"Kalau reshuffle kan hanya bisa terjadi atas kehendak bapak Presiden dan itu kewenangan bapak Presiden," kata Hasto di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 28 Januari 2023.

Hasto mengakui, PDIP sebagai partai pendukung pemerintah telah memberikan berbagai masukan. Namun, PDIP belum bisa membeberkan nama lantaran terkait masa depan seseorang.

"Tentu saja sebagai partai kami memberikan masukan, tapi terkait dengan nama, ada aspek-aspek teknis, ini menyangkut masa depan seseorang. Kami mohon maaf tidak bisa menyampaikan," katanya.

Lantas, momentum 1 Februari yang bertepatan dengan Rabu Pon akan dilaksanakan reshuffle kabinet, Hasto kemudian bicara pemimpin mengambil momentum keputusan. Dua mengatakan demikian karena Rabu Pon identik dengan keistimewaan dalam keputusan strategis.

"Ya, Rabu Pon, berbagai momentum-momentum pada Rabu Pon, itu memang sering mengandung sesuatu yang istimewa dalam pengertian muncul kesadaran batin di dalam mengambil keputusan-keputusan strategis. Setiap orang punya preferensi itu," ujarnya.

Pun, dia meminta awak media lebih baik menunggu kepastian isu reshuffle apakah jadi atau tidak.

“Jadi, ya kita tunggu saja apakah akan terjadi reshuffle atau tidak (pada Rabu Pon). Kita tunggu saja keputusan presiden," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya