Elite PAN: Untuk Posisi Cawapres, Erick Thohir Terkuat di Internal Sekarang

Yandri Susanto
Yandri Susanto
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto angkat bicara terkait isu reshuffle kabinet baru pada Rabu Pon, yang akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). 

Saat berada di Gedung MPR RI, Jakarta, pada Minggu, 29 Januari 2023, Yandri mengatakan bahwa reshuffle hanya presiden dan Tuhan yang tahu mengenai pergantian kabinet baru tersebut. "Mau Rabu, mau Kamis, terserah Pak Presiden. Hanya Presiden dan Allah yang tahu," katanya

Dia juga menambahkan bahwa pergantian kabinet adalah hak mutlak dari seorang presiden. Yang membentuk koalisi, mengurangi koalisi, mengganti menteri adalah hak prerogatif Presiden, begitu pula jika ada ada reshuffle, ujarnya. 

Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Pada kesempatan yang sama, Yandri juga menjabarkan mengenai cawapres dan capres yang akan diusung oleh PAN. Sejauh ini, menurut Yandri, kandidat yang masih kuat dukungannya di dalam partai adalah Erick Thohir. "Di luar ketua umum, untuk posisi cawapres saya kira Bang Erick Thohir terkuat di internal sekarang."

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat menunggu keputusan soal reshuffle atau perombakan kabinet yang kemungkinan akan terjadi pada 1 Februari 2023. Pada 1 Februari 2023 merupakan hari Rabu Pon, hari ketika Jokowi biasa melakukan reshuffle

Halaman Selanjutnya
img_title