Mundur dari PPP, Anak Haji Lulung Mantapkan Sikap Dukung Anies Capres

Mantan Ketua DPW PPP DKI Jakarta Guruh Tirta Lunggana
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Mantan Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta Guruh Tirta Lunggana menyampaikan sudah mengundurkan diri dari partai berlambang kabah itu. Sebelum mundur, putra Abraham Lunggana alias Haji Lulung itu dicopot PPP dari Ketua DPW DKI.

Yusril, Otto hingga Hotman Paris Temui Prabowo Subianto, Lapor Hasil Sengketa Pilpres 2024

Tirta menceritakan begitu surat keputusan atau SK soal pencopotannya keluar, dia langsung mengundurkan diri dari pengurus PPP DKI. 

“Setelah SK itu keluar, jadi kami yang ada di dalam SK itu, saya sampaikan nih. Nggak apa-apa kali, ya? Saya itu sudah mengundurkan diri menjadi pengurus. Seperti itu,” kata Tirta dikutip dari Antara, Senin, 30 Januari 2023.

Apindo Sebut Keputusan MK Beri Kepastian Investasi dan Ekonomi

Dia mengatakan, dirinya bersama sejumlah pengurus DPC sudah mundur ramai-ramai per 23 Januari 2023. Pengurus DPC yang mundur bersama di antaranya dari DPC Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Pulau Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan.

“Jadi, kalau terkait pergantian, itu DPP yang mengganti. Apa terkait saya dukung Anies atau tidak, itu tergantung DPP sebenarnya. Karena SK kan yang bisa 'nyorat-nyoret' itu DPP PPP, bukan DPW," jelas eks politikus PAN tersebut.

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

Tirta mengatakan meski surat pengunduran dirinya sudah diterima DPP PPP, tapi belum direspons. Bagi dia, SK pencopotannya dari Ketua DPW PPP DKI sangat menyakitkan karena tak ada komunikasi. 

Baca Juga: Anak Haji Lulung Dilengserkan, Senior PPP Kecam Mardiono: Tokoh Potensial Dibabat Habis

Begitu juga menurutnya pergantian Majelis Syariah PPP DKI. Padahal, Majelis Syariah PPP DKI terdiri dari ulama yang dinilai bisa mendongkrak suara PPP.

“Itu ada pergantian dari Majelis Syariah. Itu ada ulama, habib, itu diganti dan tidak ada komunikasi. Jadi, menurut saya sebagai hinaan. Sebagai hinaan bahwa ulama ini yang akan membantu PPP, yang akan memenangkan di DKI Jakarta,” kata Tirta.

Putra Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana terima SK dari Sekjen PPP Arwani Tomafi.

Photo :
  • Istimewa

Adapun Tirta dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPW PPP DKI Jakarta melalui SK Nomor 0790/SK/DPP/W/I/2023 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Provinsi DKI Jakarta Masa Bakti 2021-2026. Tirta dilengserkan menjadi Sekretaris DPW PPP.

Dukung Anies

Tirta mengakui dirinya mendukung Anies Baswedan untuk jadi calon presiden di Pilpres 2024. Dia mengatakan sejak 2017, amarhum ayahnya Haji Lulung sudah kenal dekat dengan Anies.

Dia siap melanjutkan perjuangan mendiang ayahnya untuk mendukung Anies sebagai capres.

“Dan sekarang insyaallah kami akan melanjutkan perjuangan yang akan mengawal Pak Anies,” kata Tirta.

Tirta bersama sejumlah eks kader PPP lain sudah mengunjungi Nasdem pada Minggu kemarin, 29 Januari 2023. Dia mengatakan selain Nasdem, ada rencana akan mengunjungi Partai Demokrat dan PKS.

“Kalau kapannya (mengunjungi Demokrat dan PKS), saya belum tahu. Kami tunggu diundang. Seperti itu,” tutur eks Anggota DPRD DKI tersebut. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya