Kaesang Harus Ajukan Permohonan Tertulis Jika Ingin Masuk PDIP

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Politik – Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto kembali menegaskan, di PDI Perjuangan memang ada ketentuan bahwa dalam satu keluarga itu berasal dari satu partai yang sama. Maka jika Kaesang Pangarep mau terjun ke dunia polistik maka sudah semestinya seperti bapaknya yang masuk ke PDI Perjuangan.

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

"Partai tentu saja membuka terhadap Mas Kaesang sekiranya bergabung ke PDI Perjuangan, karena di PDI Perjuangan memang ada ketentuan bahwa dalam satu keluarga itu berasal dari satu partai yang sama, mengingat pendidikan politik juga diawali dari keluarga. Itu bagian dari aturan yang diterapkan di partai," tegas Hasto di sela acara pelantikan Walikota Semarang, Senin 30 Januari 2023.

Kaesang Pangarep.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq.
Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Selain itu, lanjutnya, yang ingin masuk ke PDIP juga harus aktif, sehingga siapa yang akan masuk ke PDI Perjuangan termasuk Kaesang, harus mengajukan permohonan secara tertulis, mengapa masuk ke PDI Perjuangan.

Sebelumnya diberitakan, Kaesang Pangarep beberapa waktu lalu mengungkapkan niatnya untuk terjun ke dunia politik, memgikuti jejak ayahnya Joko Widodo, dan kakanya Gibran Rakabuming Raka. Belum pasti ke partai mana Kaesang akan berlabuh. Sejumlah partai sudah membuka peluang kepada Kaesang. Salah satunya Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang menyatakan senang jika Kaesang mau masuk ke Gerindra.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membeberkan isi pembicaraan saat pertemuannya dengan Presiden Jokowi pada Senin, 23 Januari 2023. Salah satu pembahasan dalam pembicaraan itu cukup mengagetkan karena terungkap jika putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep kepincut untuk terjun ke politik mengikuti jejak kakaknya yang juga Wali Kota Solo.

Momen Kaesang dan Jokowi

Photo :

Momen tersebut terjadi ketika Presiden Jokowi dan keluarganya makan siang di Ono Solo Coffee dan Eatery di kawasan Ngarsopuro usai meninjau Solo Solo Safari dan Solo Techno Park pada Senin, 23 Januari 2023. Selain membahas tentang progres pembangunan di Solo, dalam kesempatan itu juga membahas soal keputusan Kaesang Pangarep.

“Tapi kemarin mungkin malah yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Ya Kaesang kemarin, aku yo kaget. Dia secara terbuka kemarin menyampaikan ke saya dan ke Bapak, dia ada ketertarikan di politik,” kata Gibran yang juga putra sulung Presiden Jokowi saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa, 24 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya