Istana Buka Suara Kabar Santer Jokowi Mau Reshuffle Rabu Pon

Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi dan Seskab Pramono Anung
Sumber :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Politik - Isu Presiden Jokowi akan kembali lakukan reshuffle terhadap jajaran menterinya santer mencuat dalam sepekan terakhir ini. Pihak Istana pun merespons isu reshuffle yang akan dilakukan pada Rabu Pon atau Rabu, 1 Februari 2023.

Jawaban Puan soal PDIP Dukung Bambang Pacul hingga Irjen Ahmad Luthfi Jadi Bacagub Jateng

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan diriya tahu soal isu perombakan Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi. Namun, ia enggan menjelaskan hal itu lebih lanjut. Menurut dia, Jokowi ada jadwal ke luar kota pada Rabu sore sampai Kamis esoknya.

"Rabu sore (1/2) pergi ke Bali sampai Kamis (2/2). Walaupun (saya) tahu (soal reshuffle), mohon maaf nggak diomongin," kata Pramono di Istana Kepresidenan dikutip dari Antara, Selasa, 31 Januari 2023.

PDIP Bakal Tutup Bulan Bung Karno di GBK, Begini Rangkaian Acaranya

Pernyataan Pramono itu karena ditanya awak media terkait kemungkinan Jokowi lakukan reshuffle pada Rabu besok. Di era Jokowi, momen beberapa kali reshuffle memang dilakukan pada Rabu Pon.

Kemenkeu Pastikan Semua Visi-Misi Prabowo Masuk di RAPBN 2025 Sesuai Instruksi Jokowi

"Rabu saya mendampingi Presiden ke Bali, sore berangkat," lanjut politikus senior PDIP itu dengan singkat.

Isu reshuffle mencuat karena omongan Jokowi pada awal Januari yang ditafsirkan akan merombak jajaran menterinya. Omongan Jokowi itu pun direspons elite PDI Perjuangan (PDIP) yang mendorong agar sejumlah menteri dari Nasdem dievaluasi.

Selain kinerja kurang bagus, alasan PDIP karena Nasdem yang bagian koalisi pemerintah dinilai tak sejalan karena mendukung Anies Baswedan sebagai capres.  Elite PDIP yang bersuara seperti Ketua DPP Djarot Syaiful Hidayat. Dia menyinggung nama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar.

Tapi, elite PDIP belum menyenggol Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate untuk dievaluasi.

Adapun saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, Siti Nurbaya Bakar enggan berkomentar soal isu reshuffle tersebut.

"Ya gimana sih, kok tanya ke saya?" kata Siti Nurbaya.

Presiden Jokowi memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna (SKP)

Photo :
  • Humas Setkab

Sementara, Johnny mengatakan pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu untuk membahas terkait pembangunan nasional. 

"Kalau itu kan Pak Surya dan Bapak Presiden yang tahu isinyalah. Nanti dari mereka saja. Pertemuannya bagus, baik untuk kepentingan pembangunan nasional kita yang lebih lancar di tengah situasi yang penuh tantangan," kata Johnny.

Presiden Jokowi dan Paloh melakukan pertemuan secara internal di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis, 26 Januari 2023. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya